Pesan Mamah Dedeh: Ini Dua Jihad di Bulan Ramadhan

Program Ramadhan tvOne bersama Mamah Dedeh.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Dalam program religi tvOne, Mamah Dedeh menyampaikan pesan kepada kita bagaimana menghidupkan malam-malam saat bulan Ramadhan. Dijelaskan Mamah Dedeh, ada dua jihad di bulan Ramadhan yang perlu diperjuangkan. Dua hal ini butuh perjuangan untuk kita bisa terus rutin. Hanya taufik Allah yang bisa memudahkannya.  

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah menjelaskan, “Ketahuilah bahwa seorang mukmin melakukan dua jihad di bulan Ramadhan. Jihad pertama adalah jihad pada diri sendiri di siang hari dengan berpuasa. 

Sedangkan jihad kedua adalah jihad di malam hari dengan shalat malam. Siapa yang melakukan dua jihad dan menunaikan hak-hak berkaitan dengan keduanya, lalu terus bersabar melakukannya, maka ia akan diberi ganjaran di sisi Allah dengan pahala tanpa batas (tak terhingga).

Simak selengkapnya penjelasan oleh Mamah Dedeh dalam tayangan video berikut ini.

Ayo jaga daya tahan tubuh kita selama menjalankan ibadah puasa. Jaga kebersihan diri agar kita terhindar dari virus corona. Update informasi Anda mengenai penanganan wabah corona dalam tautan berikut ini. Atau update informasi berita Ramadhan dalam tautan berikut ini.

Baca juga: Jelang Berbuka Bersama UAS: Islam dan Menjaga Persatuan Umat