Hindari Makanan Ini Saat Sahur, Agar Tak Cepat Lapar

menu buka dan sahur
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sahur memiliki peran penting bagi umat muslim yang menjalankan puasa Ramadhan. Sahur memiliki manfaat bagi kita agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap terjaga. Sehingga badan menjadi kuat dan tetap bugar meski sedang berpuasa. 

Berbicara sahur, tak sedikit dari kita yang kurang cermat dalam memilih menu sahur. Padahal jika asal memilih menu sahur bisa berdampak pada ibadah puasa selama 14 jam. 

Lantas bagaimana menu sahur yang perlu diperhatikan? Dalam program Hidup Sehat tvOne, spesialis Gizi Klinik dr. Putri Sakti, M.Gizi menyebut bahwa mengonsumsi lemak dapat mengenyangkan perut lebih lama. 

"Manis-manis seperti kolak, gula darah naik cepat dan turun juga cepat efeknya lapar cepat muncul. Lemak akan mengenyangkan," kata dia dalam Hidup Sehat, Rabu 21 April 2021.

Selain itu, hindari pula kata Putri mengonsumsi makanan bergoreng lantaran bisa berefek cepat lapar. 

"banyak gorengan asam lambung akan meningkat otomatis gangguan lambung muncul salah satu efeknya gampang laper," kata dia. 

Di sisi lain, dijelaskan oleh Putri, bagi orang  yang memiliki masalah lambung tidak dianjurkan mengonsumsi lemak. Hal ini lantaran, dapat membuat lambung menjadi perih. 

"Orang punya asam lambung saat sahur tidak dianjurkan tinggi lemak selama seharian lambung akan perih. Tinggi lemak akan lama transit di lambung, bikin begah," jelas dia.

Dijelaskan Putri, makanan tinggi lemak yang perlu dihindari oleh mereka yang memiliki masalah lambung adalah jenis lemak protein hewani. Salah satunya adalah daging merah. 

"Bijak pilih daging merah pilih rendah putih-putihnya (lemak) pilih daerah merah yang banyak. Atau gorengan tapi minyak di alpukat zaitun bagus tapi ga boleh berlebih," jelas Putri.