Doa dan Istighfar saat Sahur, Ini Keutamaannya

Istighfar dan Doa di waktu sahur
Sumber :
  • Pinterest

VIVA – Bulan Ramadhan umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selama berpuasa, umat muslim tidak diperkenankan makan dan minum seharian penuh mulai dari imsak hingga adzan maghrib. 

Agar kuat berpuasa seharian, maka umat muslim melakukan sahur yakni makan dan minum di waktu subuh sebelum waktu imsak. Ini dilakukan agar umat muslim yang berpuasa mendapat pasokan energi untuk melaksanakan ibadah puasa hingga maghrib tiba. Selain makan dan minum, umat muslim juga di himbau membaca Istighfar dan Doa di waktu sahur.

Waktu sahur merupakan waktu dikabulkannya doa. Keadaan mereka yang berada dalam sifat-sifat mulia, dari mulai sifat sabar, benar, taat, dan hal ini merupakan tanda kebahagiaan. Seperti apa doanya? Yuk simak artikel berikut. 

“As-sabirina was-sadiqina wal-qanitina wal-munfiqina wal-mustagfirina bil-as-har” 

Artinya : “Orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar (sahur)” (QS. Ali Imran : 17). 

Ayat tersebut menerangkan tentang beberapa hal diantaranya : 

Keadaan manusia di dunia dan bahwa kesenangan dunia hanya sementara 

Keadaan surga dan kenikmatan yang ada didalamnya, serta kelebihan surga di atas kenikmatan dunia untuk mengingatkan kita agar lebih mengedepankannya dan beramal untuknya 

Sifat penghuni surga, yakni orang-orang yang bertakwa 

Perincian perkara-perkara takwa, seperti sabar, benar, taat, suka berinfak dan beristighfar di waktu sahur

Ayat tersebut juga menjelaskan bahwa mereka adalah orang-orang yang sabar dalam melaksanakan ketaatan dan meninggalkan keburukan serta sabar dalam menghadapi cobaan yang menimpa mereka. Mereka senantiasa jujur di dalam tindakan dan ucapan mereka.

Mereka taat sepenuhnya kepada Allah SWT. Mereka menginfakkan harta mereka di jalan Allah. Dan mereka adalah orang-orang yang rajin memohon ampun kepada Allah di penghujung malam, karena doa yang dipanjatkan pada waktu itu mudah dikabulkan, dan pada waktu itu hati manusia masih kosong dari kesibukan-kesibukan. 

Jadi jangan lupa untuk berdoa dan beristighfar ya ketika sedang melaksanakan makan sahur. Banyak manfaat dan keutamaan untuk menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan ini.