Doa agar Tak Mudah Lupa

Doa agar tak mudah lupa.
Sumber :

VIVA – Manusia diciptakan oleh Allah SWT bukan sebagai malaikat yang tidak pernah lupa mengingat sesuatu. Bahkan, manusia sendiri merupakan tempatnya salah dan lupa.

Namun, nyatanya banyak orang lebih suka dengan orang yang memiliki daya ingat yang tinggi alias tidak pikun. 

Sifat tidak mudah lupa penting dimiliki seseorang khususnya dalam mengingat kebaikan-kebaikan atau misalnya mengingat hafalan Al-Qur'an, Hadis Nabi, maupun kebaikan-kebaikan yang lainnya. Umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa untuk itu.

Ada sebuah cerita yang dikutip dari dari kompilasi kalam Habib Ahmad bin Hasan Al-Athas, ada seorang laki yang sowan kepada Baginda Rasulullah Muhammad.

Ia mengeluh, “Ya Rasulallah, sungguh, saya ini adalah orang yang pelupa. Tolong ajari kami sesuatu.” Kemudian Nabi Muhammad SAW mengajarkan “Baca kalimat ini setiap hari ya!”

Allâhumma ij’al nafsî muthmainnatan, tu’minu bi liqâika wa tardlâ bi qadlâika

Artinya, “Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.”

Jadi, meskipun sifat lupa merupakan sifat dasar bagi manusia dan tidak bisa lepas dari dirinya akan tetapi seseorang tidak ingin jika menjadi mudah lupa dalam hal-hal kebaikan. Oleh sebab demikian membaca doa di atas penting guna meminimalisir kelupaan.