Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jumat, 24 April 2020

Sidang Isbat di Kantor Kementrian Agama
Sumber :
  • Dokumentasi Kementrian Agama

VIVA –  Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1441 Hijriyah/2020 jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi usai Sidang Isbat awal Ramadan 1441 Hijriyah di Kantor Kementerian Agama, Jakarta pada Kamis, 23 April 2020.

Sidang dipimpin oleh Menteri Fachrul dan dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi dan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, BMKG, wakil ormas Islam, Pejabat Eselon Kementrian Agama, serta wakil instansi terkait.

"Baru saja menyelesaikan Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1441 Hijriyah. Dengan suara bulat, kami menetapkan bahwa awal Ramadan jatuh pada esok hari bertepatan pada Jumat, 24 April 2020," kata Fachrul.

Menurut dia, penentuan tetap menggunakan metode hisab yaitu penghitungan astronomi dan rukyat dengan meneropong hilal dari 80 titik yang telah disiapkan.

"Menurut laporan, dari titik hilal posisi hilal berkisar 2 derajat sampai 3 derajat 44 menit," ujarnya.

Untuk itu, Fachrul mengajak sama-sama mengucapkan kalimat takniyat Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Syahru Shiyam. "Kita sambut Ramadan dengan tekad gembira, selamat menunaikan ibadah puasa," jelas dia.