Ucapkan Selamat Puasa, Ahok: Kita Sanggup Kalahkan Corona

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan istri.
Sumber :
  • Instagram: Basuki Tjahaja Purnama

VIVA – Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1441 Hijriyah/2020 jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Keputusan ini disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi usai Sidang Isbat awal Ramadan 1441 Hijriyah di Kantor Kementerian Agama, Jakarta pada Kamis, 23 April 2020.

Sidang dipimpin oleh Menteri Fachrul dan dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi dan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, BMKG, wakil ormas Islam, Pejabat Eselon Kementrian Agama, serta wakil instansi terkait.

"Baru saja menyelesaikan Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1441 Hijriyah. Dengan suara bulat, kami menetapkan bahwa awal Ramadan jatuh pada esok hari bertepatan pada Jumat, 24 April 2020," kata Fachrul.

Ucapan selamat menunaikan ibadah puasa turut disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Lewat akun Instagramnya, pria yang akrab disapa Ahok itu menyampaikan pesan bersama istri, Puput Nastiti Devi.

"Marhaban ya Ramadhan, kami sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi saudara-saudara yang beragama muslim. Semoga puasa tahun ini membawa kita semua dalam keberkahan, selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Dan melalui ibadah puasa ini kita juga akan berhasil menahan diri untuk tidak banyak keluar dari rumah yang tidak perlu, harus selalu memakai masker kemanapun kita pergi, apalagi ke tempat keramaian.

Kita harus percaya dengan melalui disipllin kebersihan, menahan diri kita akan sanggup mengalahkan Virus Corona. Amin," kata Ahok dan Puput.

Sementara itu, Menurut Fachrul, penentuan tetap menggunakan metode hisab yaitu penghitungan astronomi dan rukyat dengan meneropong hilal dari 80 titik yang telah disiapkan.

"Menurut laporan, dari titik hilal posisi hilal berkisar 2 derajat sampai 3 derajat 44 menit," ujarnya.

Untuk itu, Fachrul mengajak sama-sama mengucapkan kalimat takniyat Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Syahru Shiyam. "Kita sambut Ramadan dengan tekad gembira, selamat menunaikan ibadah puasa," jelas dia.

Baca: Sebut Mudik dan Pulang Kampung Beda, Jokowi Dianggap Kelamaan di China