Ternyata, Buka Puasa Harus Minum Dulu Cuma Mitos

Air mineral/air putih.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA – Biasanya sudah menjadi kebiasaan umum semua orang, saat pertama kali berbuka puasa, pasti kita akan meneguk segelas air terlebih dahulu. Entah itu air putih, teh manis, atau minuman yang lainnya. 

Kita menganggap minum air pada saat awal berbuka puasa adalah hal wajib untuk menghilangkan dahaga sekaligus menghindari dehidrasi. Namun ternyata, mengonsumsi air saat pertama kali berbuka puasa, itu cuma mitos lho

Menurut dr Kaka Renaldi, SpPD-KGEH, FINASIM, melalui tayangan Hidup Sehat di tvOne, Rabu 29 April 2020, ketika awal berbuka puasa kita tidak diwajibkan untuk minum air terlebih dahulu. Artinya, kamu diperbolehkan langsung mengonsumsi makanan. 

"Belum ada penelitian di mana kalau kita buka puasa itu harus dibasahi dulu dengan air. Kan diawali dengan kurma dulu. Yang fakta adalah, kita buka puasa dengan sesuatu yang manis. Yang manis itu kan belum tentu dengan air, bisa dengan buah-buahan atau hal-hal lain yang manis," ujarnya. 

Lebih lanjut dokter Kaka menjelaskan, selain diwajibkan mengonsumsi sesuatu yang manis saat berbuka puasa dan tidak harus air, ketika berbuka puasa kita juga disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat simpel. Lalu, makanan atau minuman apa saja yang termasuk karbohidrat simpel? 

"Seperti air gula, kurma, itu langsung diserap oleh tubuh untuk langsung digunakan oleh badan kita untuk menghasilkan energi," tuturnya. 

Namun, kita tidak diperbolehkan mengonsumsi karbohidrat kompleks saat berbuka puasa. Apa alasannya? 

"Karena dia prosesnya lama. Ketika kita buka puasa kan kita langsung membutuhkan energi yang segera, jadi kita harus segera mengonsumsi glukosa kompleks," kata dia.