Doa Bangun Tidur

Berdoa sebelum tidur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bangun dari tidur merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Maka dari itu, dianjurkan untuk membaca doa bangun tidur.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk selalu membaca doa dalam beraktivitas termasuk setelah bangun tidur. Membaca doa bangun tidur selain merupakan bentuk rasa syukur hamba kepada Allah SWT yang masih diberi kenikmatan hidup.

Saat kita memulai hari sebelum melakukan aktivitas, kita selalu memulainya dengan bangun tidur. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berdoa dalam segala aktivitas, termasuk saat bangun tidur. Berikut ini doa bangun tidurbacaan latin dan artinya.

Bangun tidur merupakan salah satu kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT karena kita masih diberikan nyawa dan tenaga untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Setiap umat Islam disunnahkan untuk senantiasa memanjatkan doa bangun tidur.

Doa bangun tidur menjadi salah satu rasa syukur kepada Allah SWT. Berikut adalah bacaan latin doa bangun tidur dan artinya:

Berikut doa bangun tidur yang diajarkan Rasulullah SAW:

1. Doa Bangun Tidur Tengah Malam

Laailaha illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahulmulku walahulhamdu wahuwa 'ala kulli syaiin qadiirun. Subhaanallah wal hamdulillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar wala haula walaa quwwata illa billahi. Robbighfirlii.

Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah. Dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, Allah Mahabesar, dan tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Ya Tuhanku berilah ampunan bagiku.

2. Doa Bangun Tidur

Berdasarkan hadist riwayat Bukhari, doa bangun tidur pagi sesuai sunnah adalah:

 Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur

Artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.

3. Dzikir Pagi

Selain berdoa, Rasuallah shallallahu'alaihi wa sallam juga menganjurkan umat Muslim membaca dzikir setelah doa bangun pagi. Hal ini dilakukan sebagai amalan di pagi hari.

Adapun dzikir pagi berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi. Hasan menurut Syaikh Al Albani

Alhamdullillahilladzii 'aafaanii fii jasadii, wa rodda alayya ruuhii, wa adzina lii bi dzikri

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.

Selamat membaca doa bangun tidur ya!