Kumpulan Video Nyeleneh Orang Bangunin Sahur, Kocak Bikin Ngakak

Bangunkan sahur dengan terompet
Sumber :
  • Instagram/iks_infokaresidenansolo

VIVA – Bulan Ramadhan sejatinya punya banyak hal-hal menarik yang tidak ada di bulan lainnya. Salah satunya adalah budaya untuk membangunkan warga guna sahur pada dini hari sebelum menjalani ibadah puasa seharian.

Masyarakat Indonesia punya budaya unik untuk melakukan hal ini. Biasanya para pemuda di lingkungan rumah tergerak untuk berkeliling guna membuat riuh membangunkan warga bangun sahur.

Bukan hanya membuat riuh semata, banyak hal kreatif, seperti menggunakan alat musik atau melantukan lagu-lagu jenaka sebagai pengiring bangun sahur setiap keliling lingkungan/komplek masing-masing.

Tapi ternyata, ada cara yang lebih unik bahkan menohok. Berikut beberapa di antaranya.

Menggunakan Trompet Ala Prajurit

Daripada harus capek keliling membuat riuh mengajak bangun sahur ke setiap pelosok rumah warga, seperti perumahan kota yang padat, cara ini sepertinya bisa kalian coba demi menghemat tenaga dan suara.

Seperti yang ada dalam video, terlihat ada seorang pria sedang berdiri di mimbar sebuah masjid atau mushola sambil mengatakan, “Sahur..sahur...,” menggunakan speaker masjid sambil menenteng sebuah trompet.

Sejenak kemudian, pria tersebut mundur selangkah lalu mengangkat trompetnya dan memainkan sebuah lagu seperti halnya saat upacara baris-berbaris sekumpulan tentara. Cara yang cukup elegan namun membuat kesan unik.

Marah-marah

Lain halnya dengan menggunakan alat musik. Ada satu cara lagi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk membangunkan orang sahur. Namun cara ini dinilai agak nyeleneh.

Terlihat dalam video, ada dua orang takmir masjid atau musholla yang sengaja berdiri di depan mimbar serta mengaktifkan speaker masjid.

Satu orang di antara mereka pada awalnya dengan lemah lembut berbicara di depan mikrofon masjid untuk mengajak warga untuk sahur. Namun lama kelamaan, dirinya seakan-akan kesal sehingga teriak-teriak dengan lantangnya. Sontak temannya yang di belakang dibuat kaget hingga menahan tawa.

Nyeleneh

Ada lagi yang menarik dari cara mengajak warga untuk bangun sahur. Layaknya yang dilakukan seorang takmir masjid ini. Dia malah melakukan ujaran yang cukup nyeleneh dan malah berujung mengundang gelak tawa pada akhirnya.

Awalnya sang takmir yang sudah siap sedia memegang mikrofon masjid, mengajak dengan lemah lembut masyarakat untuk santap sahur.

Namun saat melanjutkan beberapa kalimat selanjutnya, sang takmir melakukan hal yang dinilai agak nyeleneh.

“Sahuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr........,” begitu teriak sang takmir masjid yang diikuti wajah menyeramkan hingga akhirnya harus terbatuk-batuk karena teriakannya sendiri.

Ngambek-ngambek Drama

Untuk yang ini, cara mengajak sahur para warga yang bisa dinilai lucu dan membuat orang ketawa geli. Cara yang digunakan oleh seorang remaja di sebuah musholla ini tak kalah kocak.

Awalnya, remaja ini seperti ngambek sambil memegang mikrofon masjid guna mengajak para warga sahur. Seperti apa yang ada dalam video, sang remaja amat menghayati peran tersebut.

Mulai dari ngambek, nangis, marah hingga berguling-gulingan seperti anak kecil ia lakukan secara totalitas sampai mengundang gelak tawa yang menonton video tersebut.

Laporan: Abdulah Saputra