Konsumsi Daging saat Lebaran, Begini Caranya Agar Tetap Sehat

Ilustrasi daging.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA – Rendang menjadi salah satu hidangan identik di Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Olahan dari daging sapi ini akan terasa lezat jika bersanding dengan ketupat dan lauk lainnya. Namun, hati-hati olahan rendang yang penuh dengan lemak, bisa menimbulkan risiko kesehatan. 

Jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan obesitas hingga kolesterol. Lalu, bagaimana caranya agar bisa tetap mengonsumsi daging saat Lebaran, namun kesehatan tetap terjaga? 

Melalui tayangan Hidup Sehat di tvOne, Selasa 19 Mei 2020, Spesialis Gizi Klinik, dr Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK, menjelaskan, ada beberapa hal yang harus kamu terapkan supaya bisa mengonsumsi kelezatan daging sekaligus menjaga kesehatan. 

"Pertama cara milih dagingnya, kalau bisa milih dagingnya yang semuanya full daging. Bagian limit yang lemaknya sangat sedikit. Itu bisa menjadi pilihan supaya makanan ini tetap sehat," ujarnya. 

Lebih lanjut dokter Dian menjelaskan, selain daging kita juga disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Walaupun tidak sering mengonsumsi daging, kebutuhan gizi seimbang harus tetap terpenuhi. Selain itu, perbanyak juga konsumsi buah dan sayuran. 

"Jadi, selain makan daging ya harus makan-makanan yang lainnya supaya seimbang dan bervariasi juga menunya. Kemudian, jangan lupa olahraga," kata dia. 

Dian turut menjelaskan manfaat dari mengonsumsi sayur, salah satunya dapat menurunkan kolesterol, karena sayur-sayuran mengandung serat yang tinggi. 

"Jadi dapat membantu sebagai counter-nya. Mungkin makan daging terlalu berlemak yang meningkatkan terjadinya kolesterol. Nah, banyakin sayur-sayuran dan buah-buahan. Jadi, prinsipnya memang harus seimbang dan bervariasi," tuturnya.