Belajar Investasi: 10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Investasi Saham

Investas saham.
Sumber :

VIVA – Apakah mengerti mengenai investasi saham? Anda mungkin masih belum mengerti bagaimana cara melakukan investasi saham pada sebuah perusahaan sekuritas. 

Jika demikian, maka sekarang sudah saatnya Anda mempelajari seluk beluk saham dan langkah-langkah berinvestasi pada instrumen keuangan tersebut dan mulai memahami pengertian investasi saham. 

Apa itu investasi saham?

Saham sendiri dapat didefinisikan secara gampangnya sebagai surat berharga yang menjadi bukti bahwa Anda ikut serta dalam kepemilikan pada suatu perusahaan. 

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang pada umumnya ditawarkan di suatu pasar modal dan dapat diperjualbelikan jika harga jualnya akan mendatangkan keuntungan kepada para investor tersebut.

Jutaan orang mulai menggeluti aktivitas yang satu ini sebab terbukti memberikan profit yang cukup lumayan. 

Mereka percaya bahwa mereka tak perlu lagi pergi ke kantor untuk menjadi kaya raya, cukup dengan berinivestasi saham melalui satu perusahaan sekuritas terbaiknya, maka kekayaan materi akan menghampiri mereka.

Di dunia ini banyak orang sukses dalam bidang ini telah memberikan testimoni positifnya terhadap kegiatan berinvestasi saham, walaupun di saat bersamaan, mereka juga memperingatkan sejumlah resiko dan kerugian material yang akan tergantung fluktuasi harga di bursa efek. 

Contoh orang-orang sukses dunia dalam bidang investasi persahaman adalah Warren Edward Buffett, atau di Indonesia kita mengenal nama populer Lo Kheng Hong.

Keuntungan Berinvestasi Dalam Bidang Saham

Ada dua hal keuntungan investasi saham yang ingin didapatkan seorang investor saat mendalami bidang saham ini.

Dividen, yang dapat didefinisikan sebagai pembagian laba atau keuntungan kepada seorang investor selaku pemilik/pemegang saham. 

Dividen itu sendiri bisa dibagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu dividen tunai alias keuntungan yang diberikan berupa uang tunai, dan dividen saham dimana keuntungan yang diberikan kepada investor tersebut berupa penambahan jumlah saham. 

Pada umumnya dividen itu dibagikan per tiga bulan atau dapat pula per tahun dan pastinya besarannya akan tergantung kepada kebijakan perusahaan itu sendiri.

Capital Gain, dimana pada keuntungan kalian akan diperoleh pada saat saham yang kalian jual ternyata lebih besar daripada harga belinya.

Selisih harga antara harga beli dan harga jual suatu saham inilah yang akan menjadi keuntungan buat kalian di waktu mendatang.

Selain yang telah disebutkan di atas, ada faktor-faktor lainnya yang mendorong kalian sebaiknya melakukan investasi di pasar modal. 

Salah satunya adalah dengan menanamkan modal kalian dalam bentuk saham pada bursa efek, maka diharapkan kalian akan bisa menghadapi peristiwa inflasi yang dapat timbul di masa-masa mendatang. 

Inflasi sendiri, yang seperti kalian ketahui, merupakan peristiwa kenaikan harga secara umum dan berkelanjutan yang berpengaruh pada penurunan nilai mata uang Rupiah Anda. 

Dengan berinvestasi pada instrumen saham, Anda diharapkan akan meraih keuntungan finansial yang cukup menjanjikan.

Dan tidak hanya itu, saat Anda berinvestasi pada saham, maka Anda sudah memikirkan masa depan kalian, keluarga dan anak-anak Anda.

Dengan melakukan aktivitas ini, Anda tengah berupaya menjamin ketersediaan keuangan di kemudian hari jika suatu hari dibutuhkan untuk keperluan mendadak. 

Anda melangkah lebih maju satu kali di depan dengan berinvestasi saham.

Berapa Jumlah Uang Yang Didapat Dari Investasi Saham?

Terlebih dahulu perlu diketahui bahwa dalam melakukan investasi saham, diperlukan transaksi minimal 1 lot atau sebesar 100 lembar. 

Maksudnya begini, jika Anda berinventasi saham yang memiliki harga Rp 250 perlembarnya, maka Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 250.000 sebagai jumlah minimal.

Pertanyaannya sekarang, berapa jumlah uang bisa Anda dapat dari kegiatan investasi saham?

Jawabannya pun cukup sulit untuk dijawab sebab investasi saham akan melibatkan banyak variabel. 

Namun berdasarkan riset mendalam, ada 10 hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai seberapa banyak uang yang dapat kalian peroleh dari investasi saham.

1. Pada umumnya saham memiliki return sebesar 7 hingga 10% setiap tahunnya.

2. Return pada saham-saham bisa saja lebih baik atau bahkan lebih buruk dari prosentasi di atas.

3. Pada periode lebih panjang lagi misalnya antara 10 hingga 15 tahun lebih, market hampir selalu menghasilkan uang.

4. Tolong perhatikan kepada jenis keuntungan dividen, sebab setidaknya 40% dari keuntungan pasar saham biasanya berasal dari dividen (meskipun hal itu berbeda-beda dari waktu ke waktu).

5. Para investor boleh jadi jauh lebih baik atau (keseringan) jauh lebih buruk daripada market, tergantung kepada betapa baiknya mereka dalam berinvestasi dan serta upaya mereka menghindarkan kesalahan-kesalahan umum.

6. Semakin lama Anda berinvestasi pada saham, semakin banyak uang yang akan tumbuh.

7. Semakin tinggi return investasi tahunan Anda, maka semakin banyak uang akan berkembang.

8. Perbaikan kecil pada return investasi Anda, dapat membuat perbedaan besar untuk kekayaan kalian.

9. Semakin kalian dapat menghindari pembayaran pajak dari keuntungan investasi, semakin besar uang Anda akan berkembang.

10. Return investasi saham yang solid yang terjadi pada waktu yang lama akan menciptakan jumlah kekayaan Anda yang sangat mengejutkan.

Kesimpulan

Setiap kegiatan investasi saham akan memiliki resiko untung dan resiko rugi. Di luar sana, banyak yang merugi, tapi juga banyak yang memperoleh keuntungan. 

Nah, keberadaan perusahaan-perusahaan sekuritas asing seperti AvaTrade.com, Capital.com, dan eToro menjadi alternatif paling baik yang bisa dipilih oleh para investor di Indonesia, terutama dalam memahami cara berinvestasi saham olnline.

Situs-situs tersebut memiliki reputasi dan kredibilitas yang bagus dan tinggi sehingga sangat tepat jika menjadi bahan pertimbangan Anda dalam berinvestasi saham. 

Pengakuan positif atas pelayanan profesional mereka tercermin dari berbagai penghargaan internasional yang telah mereka dapatkan sebagai bentuk komitmen mereka atas pelayanan yang maksimal dan menyeluruh.