Masih Heboh Listrik Mati Hingga Kepulangan Habib Rizieq

Petugas PLN melakukan pemeliharaan instalasi listrik.
Sumber :
  • instagram.com/plntv

VIVA – Padamnya listrik dalam skala yang masif di kawasan Jabodetabek masih menjadi tajuk paling laris dibaca di sejumlah portal, termasuk VIVA. Wajar, karena padamnya listrik di kawasan Jabodetabek nyaris melumpuhkan aktivitas warga dalam dua hari terakhir.

Kerugian yang dialami warga tentunya cukup besar. Banyak yang protes, lewat media sosial. Tak sedikit, meme yang beredar mengejek PLN. Insiden ini juga menyita perhatian Presiden Joko Widodo. Bahkan, Jokowi sampai mendatangi PLN, mempertanyakan kinerja usai listrik mati secara massal.

Di samping isu tersebut, masih ada lagi yang seksi. Yakni, ijtima ulama IV membahas kepulangan Habib Rizieq. Menariknya, tokoh nasional, Prabowo Subianto tak diundang. Kami membahas seluruh berita menarik sepanjang Senin 5 Agustus 2019, melalui VIVA Round Up:

1. Ijtima Ulama IV Bahas Kepulangan Habib Rizieq

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa menyatakan akan ada pertemuan Ijtima Ulama IV yang akan berlangsung di Sentul, Bogor, Senin 5 Agustus 2019.

Salah satu agenda yang dibahas ternyata adalah kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq. Namun, yang menarik adalah, tokoh nasional dan calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto tak diundang.

Simak kisah selengkapnya di sini.

2. Jokowi Datangi PLN

Padamnya listrik di Jakarta dan sebagian Pulau Jawa sejak Minggu 4 Agustus 2019, memancing reaksi Presiden Joko Widodo. Jokowi langsung mendatangi PLN dan menggelar rapat terbatas.

Dalam rapat tersebut, Jokowi mempertanyakan kinerja manajemen PLN yang tak mampu mengatasi masalah ini dengan baik. Jokowi berharap, PLN memiliki rencana untuk mengatasi masalah serupa di kemudian hari. Baca artikel lengkapnya di sini ya.

3. Kompensasi PLN ke Pelanggan Pemadaman Listrik

PLN menyatakan akan memberi kompensasi kepada para pelanggan yang terdampak pemadaman listrik. PLT Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani, menyatakan pemberian kompensasi sudah sesuai dengan deklarasi Tingkat Mutu Pelayanan.

Kompensasi nantinya diberikan dengan skema tertentu. Dan, penerapannya baru diberlakukan untuk tagihan bulan depan. Pahami skema selengkapnya di sini.

4. Besaran Biaya yang Dirogoh PLN untuk Kompensasi

PLN harus merogoh kocek yang dalam demi memberikan kompensasi ke pelanggan yang terdampak pemadaman listrik. Kompensasi tersebut memang wajib diberikan karena sudah sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM nomor 27 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, menyatakan setidaknya PLN harus merogoh kocek sebesar Rp1 triliun untuk kompensasi pemadaman listrik tersebut. Tengok berita selengkapnya di sini.

5. ManCity Juara Community Shield, Tapi Rugi

Manchester City baru saja menjuarai Community Shield usai mengandaskan perlawanan Liverpool lewat adu penalti. Namun, ada kerugian yang muncul dalam keberhasilan ManCity juara Community Shield.

Juara, tapi kok rugi. Kira-kira apa ya yang bikin ManCity merugi? Baca kisah selengkapnya di sini.