Menteri yang Dianggap Kurang Pintar Sampai Kontroversi Catur Haram

Ustaz Abdul Somad (UAS)
Sumber :
  • ANTARA Foto/Syifa Yulinnas

VIVA – Menjelang akhir pekan, tepatnya pada Jumat 22 November 2019, banyak informasi yang menarik perhatian pembaca VIVA.co.id. Berita-berita populer bukan hanya datang dari kanal news, tetapi juga informasi dari para selebriti di kanal showbiz, sport, bahkan lifestyle.

Berita populer pertama datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Dia nampaknya sedang berpikir-pikir untuk tidak akan lagi menenggelamkan kapal asing pencuri ikan. Slogan 'tenggelamkan' memang melekat pada Kementerian KKP, untuk tindakan menghabisi kapal asing yang mengambil ikan tanpa izin di perairan Indonesia.

Berikutnya adalah tanggapan Diva Pop Celine Dion setelah foto-foto yang memperlihatkan dirinya yang dianggap terlalu kurus oleh masyarakat. Informasi yang juga banyak dibaca adalah pernyataan kontroversial dari Ustaz Abdul Somad yang menyebut olahraga catur haram.

Selain ketiga berita tersebut, masih ada dua berita populer lainnya. Berikut rangkuman lima berita populer yang disatukan dalam round up VIVA.co.id:

1. Cabut Tenggelamkan Kapal Asing, Pengamat: Menterinya Kurang Pintar

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo menimbang tak akan lagi tenggelamkan kapal asing pencuri ikan. Menteri dari Gerindra itu mewacanakan mengganti langkah tenggelamkan kapal pencuri ikan dengan memberikan atau menghibahkan kapal asing kepada nelayan.

Rencana ini menjadi perhatian publik, ada yang setuju ada yang menolaknya. Dalihnya pun bermacam-macam. Menghibahkan kapal asing pencuri ikan dianggap sebagai sebuah pembinaan kepada nelayan. Pengamat perkapalan, Andi Alisjahbana mengkritik rencana Menteri Edhy tersebut. Selengkapnya ada di tautan ini.

2. Disebut Terlalu Kurus, Celine Dion Ngamuk: Saya Gak Suka Body Shaming

Diva pop asal Kanada, Celine Dion, baru-baru ini menjadi pembicara untuk acara L'Oreal Paris. Penyanyi 51 tahun ini mengakui berat badannya turun beberapa kilogram, namun ia mengaku masih merasa sehat. Selama 8 tahun terakhir, Celine Dion mengaku rutin melakukan balet yang membuat tubuhnya jadi 'langsing' seperti itu.

Pelantun My Heart Will Go On ini justru merasa berhasil dengan apa yang telah dilakukannya. Ia merasa lebih kuat, lebih cantik dan lebih rendah hati. Pada Januari lalu, Dion mengatakan kepada The Sun, dia tidak suka dengan body shaming. Wanita ini akan marah pada siapa pun yang mengkritik tentang tubuhnya. Baca selanjutnya di sini ya.

3. Ustaz Abdul Somad Sebut Main Catur dan Dadu Haram

Video ceramah yang disampaikan UAS pada 2017 lalu itu kembali viral, dan memancing respons banyak pihak. Kontroversi muncul, terlebih catur saat ini merupakan salah satu cabang olahraga yang sering dilombakan dalam berbagai kejuaraan, baik di dalam negeri maupun internasional.

Sebuah situs kontroversial sampai menulis opini yang menyudutkan UAS, terkait ceramahnya soal mengharamkan dadu dan catur. Gerah dengan tuduhan si penulis, UAS angkat bicara. Informasi selengkapnya ada di sini.

4. Sukmawati Soekarnoputri Melawan


Sukmawati Soekarnoputri, putri Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno atau Bung Karno, melawan. Ia secara tegas tidak merasa bersalah dalam kasus dugaan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Bahkan, Sukmawati mengklaim banyak orang cepat terkecoh atas video viral yang berisi pernyataannya soal Nabi Muhammad SAW. Ia menyampaikan jika Bung Karno, panggilan Presiden Soekarno, sangat menghargai amanah Nabi Muhammad SAW dan selalu berpegang teguh pada salah satu ayat Alquran. Selengkapnya, klik tautan ini.

5. TOUS les JOURS Larang Tulis Ucapan Natal dan Imlek di Atas Cake?


Masyarakat tengah dihebohkan dengan adanya foto sebuah pengumuman yang memperlihatkan adanya peraturan dari sebuah toko kue kenamaan TOUS Le JOURS. Dalam foto pengumuman yang beredar di media sosial memperlihatkan adanya peraturan penulisan ucapan cake ‘dilarang bertentangan dengan syariat Islam’ di toko  kue TOUS Le JOURS.

Dari peneelusuran VIVA melalui instagram, foto tentang pengumuman adanya peraturan penulisan ucapan cake ‘dilarang bertentangan dengan syariat Islam’ di salah satu cabangnya. Dalam foto itu berisikan dua larangan dan dua ketentuan yang diperbolehkan untuk menulis di atas ucapan cake yang di jual di toko TOUS Le JOURS. Lanjut di tautan ini.