Fakta Anies Baswedan Gubernur Terbaik Hingga Negara Lawak

Presiden Joko Widodo (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Kabar tentang Anies Baswedan menerima penghargaan sebagai gubernur terbaik sedunia dalam penanganan pandemi COVID-19 sempat bikin heboh. Dan cek fakta yang dilakukan oleh VIVA mengenai hal tersebut menjadi berita paling banyak diminati pada 12 Juni 2020.

Ada juga dokter Tompi yang dicap oleh warganet sebagai kampret saat ini. Lalu soal ungkapan negara lawak sebagai buntut dari tuntutan bagi tersangka kasus penyiraman Novel Baswedan.

Selain berita-berita, berikut adalah beberapa artikel lain yang pelaing mendapat sorotan dari pembaca sepanjang hari kemarin:

1. Anies Baswedan Gubernur Terbaik Sedunia Tangani COVID-19, Cek Faktanya

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sempat disebut-sebut mendapatkan penghargaan sebagai gubernur terbaik sedunia dalam penanganan pandemi COVID-19. Kabar itu muncul ketika ada sebuah video saat Anies sedang bertelekonferensi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Global Cities Against COVID-19 (CAC) pada 2 Juni 2020.

Akun Facebook bernama Ayu Prasetyaningrum yang menyebarkan tangkapan layar video tersebut dan menuliskan “Gubernur Jakarta Anies Baswedan mendapat penghargaan terbaik di seluruh dunia dalam penanganan COVID-19”

Namun, ternyata kabar Anies mendapat penghargaan terbaik di seluruh dunia dalam penanganan COVID-19 adalah hal yang keliru. Baca selengkapnya ...

2. Dicap Kampret karena Kritik PLN, Tompi Kembali 'Ngamuk'

Polemik membengkaknya tagihan listrik membuah masyarakat heboh. Salah satu kritik datang dari artis yakni Tompi. Ia yang juga seorang dokter itu turut mengeluhkan soal tagihan listrik yang naik tinggi.

Tompi mengungkapkan kekecewaannya pada akun Twitternya @dr_tompi. Ia menganggap bahwa tagihan PLN sudah diluar batas dan tidak diberitahukan terlebih dulu. 

Apa yang dikomentari Tompi tampaknya mendapat hujatan dari netizen. Ia langsung dihujat dengan sebutan kampret. Baca selengkapnya ...

3. Vaksin COVID-19 Buatan Indonesia Diharapkan Dijual Bebas Awal 2021

Perusahaan farmasi Indonesia Bio Farma bekerja sama dengan perusahaan China, Sinovac Ltd, dalam mengembangkan vaksin COVID-19. Uji klinis vaksin corona ditargetkan memakan waktu hingga 9 bulan.

Peneliti senior lembaga bio molekuler Eijkman Prof. David Muljono menjelaskan, lamanya uji klinis ini karena Indonesia memakai metode yang berbeda dengan pembuatan vaksin yang lain. Baca selengkapnya ...

4. Terdakwa 'Ga Sengaja' Siram Novel Baswedan, Warganet: Negara Lawak

Jaksa Penuntut Umum menuntut Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis, dua terdakwa kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, dengan pidana satu tahun penjara.

Mengetahui ringannya tuntutan Jaksa terhadap terdakwa, warganet meluapkan emosinya di media sosial. Mereka juga menganggap apa yang menjadi alasan dari kedua terdakwa itu tidak masuk diakal.

Bahkan 'Ga Sengaja' menjadi trending topik Twitter setelah sembilan ribu cuitan membahas mengenai kasus Novel Baswedan ini. Baca selengkapnya ...

5. 'Gaya Sultan' Mohamed Salah saat Isi Bensin Bikin Kagum

 Mohamed Salah semakin berkibar sejak bermain di Liverpool. Dia menjadi andalan lini serangan dan telah berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions.

Tentu dia merupakan idola di Liverpool. Semua menyanjung pemain asal Mesir ini.

Tapi kini dia bakalan semakin mendapatkan simpati dari publik Liverpool karena aksi kedermawanan yang dilakukan. Beberapa waktu lalu Salah kepergok mentraktir bensin orang-orang. Baca selengkapnya ...