Film Bertema Suku Baduy Siap Tayang 2019

Laudya Cynthia Bella
Sumber :
  • Putri Dwi/VIVA

VIVA – Film Berlatar belakang kehidupan asli Suku Baduy, berjudul Ambu, siap tayang pada  2019 di seluruh bioskop Indonesia.

"Kita memilih Baduy, karena kearifan lokal merupakan warisan budaya. Masyarakat Baduy merupakan kelompok suku di Banten yang di wilayah Lebak," kata Farid Dermawan, sutradara film Ambu, saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Minggu, 28 Oktober 2018.

Lokasi syutingnya 90 persen berada di perkampungan Suku Baduy Luar. Meski sudah menerima kehadiran masyarakat umum, namun tetap memiliki peraturan adat yang harus dipatuhi.

Termasuk saat syuting film Ambu, crew film dari Skytree Picture, tidak diperkenankan membawa genset sebagai sumber listrik hingga pencahayaan menggunakan lampu.

Populasi masyarakat Baduy yang mencapai sekitar 26 ribu jiwa, memiliki karakteristik tersendiri mengenai sosok seorang Ambu, atau ibu dalam bahasa Indonesia nya.

Menurut Farid, Ambu merupakan sosok wanita Indonesia yang menjadi pondasi awal, pembangunan karakter sebuah masyarakat melalui anak nya.

"Ambu itu berkonotasi kearifan lokal Indonesia, yang bisa dibilang memulai semesta pertama, bermakna dari suku Baduy," tuturnya.

Menggandeng penulis skenario Titien Wattimena, bintang utamanya pun merangkul Widyawati yang berperan sebagai Ambu Misna, lalu Laudya Cynthia Bella sebagai Fatma, hingga Baik Wong memerankan tokoh Nico. 

"Semoga film ini membentuk masyarakat yang cerdas, kritis, dapat mendorong karya film Indonesia yang baik. Serta meningkatkan nilai kebudayaan bangsa Indonesia," ujarnya.