Kata Ernest Prakasa Soal Luna Maya dan Via Vallen Rekam Adegan Film

Ernest Prakasa
Sumber :
  • VIVA/Putri Dwi

VIVA – Sutradara, produser, penulis, aktor dan komika Ernest Prakasa tanggapi mengenai publik figur yang merekam dan menyebarluaskan secuplik adegan film layar lebar. Ernest setuju hal itu merupakan pembajakan jika dilihat berdasar Undang-Undang yang berlaku.

Hanya saja Ernest meyakini tidak ada maksud jahat bagi mereka yang membagikan cuplikan adegan melalui layar lebar. Ernest melihat hal itu terjadi bukan hanya di kalangan publik figur.

"Cuma memang kadang-kadang sebenarnya enggak harus artis sih, pada umumnya banyak yang tidak bermaksud jahat gitu jadi memang karena enggak tahu aja," kata Ernest saat berada di kawasan Jakarta Selatan, Selasa, 28 Mei 2019.

Hal terpenting menurut Ernest adalah edukasi. Ia beberapa kali menemui orang yang merekam adegan film yang dikerjakan olehnya. Rekaman itu juga sekadar dibagikan melalui insta stories.

"Kayak misalnya ada orang ke insta stories film gue gitu, gue juga enggak serta merta 'woi lu ngelanggar hukum' memang sih kategorinya pembajakan tapi berdasarkan pengamatan gue, orang tuh enggak selalu niatnya ngebajak, kadang ada juga yang niatnya kayak senang aja jadi memang edukasi juga perlu," kata dia.

Produser film Ghost Writer tersebut mengedukasi perlahan orang-orang di sekitarnya. Ernest mempercayai dengan cara seperti itu lebih didengar dan mudah diingat.

"Kalau aku komunikasinya biasa ke follower misalnya ada yang ngeshare film di insta stories, 'kasian yang belum nonton jadi ke spoiler, kamu juga kalau digituin bete kan, belum nonton filmnya tiba-tiba lihat di insta story orang',” ujarnya.

Baru-baru ini sedang ramai sikap Luna Maya dan Via Vallen. Keduanya mengunggah sebuah adegan film Aladdin melalui storiesnya. Warganet kecewa dan meyayangkan kedua nama besar tersebut masih melakukan kesalahan mendasar dalam menikmati sebuah film.