Ade Irawan Raih Penghargaan Lifetime Achievement Piala Citra 2019

Ade Irawan raih Lifetime Achievement Award FFI 2019
Sumber :
  • Instagram/@kemdikbud.ri

VIVA – Festival Film Indonesia 2019 digelar pada Minggu malam 8 Desember 2019 di Studio Metro TV, Jakarta Barat. Penghargaan tertinggi untuk insan perfilman Tanah Air ini turut memberikan penghargaan Lifetime Achievement.

Lifetime Achievement diberikan kepada seseorang yang sudah memberikan jasa dan hidupnya pada dunia perfilman Tanah Air. Pada edisi tahun ini, FFI memberikan Piala Citra Lifetime Achievement kepada aktris senior Ade Irawan.

Dalam menerima penghargaan ini Ade diwakilkan oleh putrinya, Dewi Irawan. Ia menyampaikan rasa terima kasih dan menganggap penghargaan ini merupakan sesuatu hal yang telah diinginkan ibunya sejak lama.

"Selama ini, ibu saya memang menginginkan penghargaan Lifetime Achievement, Tapi ibu saya bilang FFI biasanya ngasih ke orang-orang yang lagi sakit, kenapa nggak yang masih sehat. Tapi paling enggak, ibu udah dapet sekarang, makasih ya," kata Dewi Irawan di atas panggung.

Ade Irawan yang bernama asli Arzia Dahar telah terjun ke dunia seni peran pertama kali pada 1964 sebagai figuran dalam film Diambang Fadjar. 

Setelah satu tahun berlalu, Ade berhasil mendapat peran utama sejak bermain dalam film Tjinta Di Udjung Tahun. Selain bermain film, pada saat itu Ade juga aktif menulis skenario antara lain Fajar Menyingsing pada 1975 dan Belas Kasih. 

Ratusan judul film dibintangi oleh Ade. Akhirnya pada 1993 menjadi tahun membanggakan untuknya setelah meraih penghargaan Kesetiaan Profesi dari Dewan Film Nasional.