Menang Piala Citra, Siapa Sih Muhammad Khan?

Muhammad Khan (kiri) dan Garin Nugroho di The 75th Venice International Film Festival.
Sumber :
  • KBRI Roma/ Anderas Rentz

VIVA – Nama aktor Muhammad Khan tengah menjadi perhatian publik. Hal ini lantaran prestasi Muhammad Khan yang berhasil memenangkan kategori Pemeran Utama Pria Terbaik Piala Citra Festival Film Indonesia 2019.

Muhammad Khan memenangkan kategori Pemeran Utama Pria Terbaik Piala Citra Festival Film Indonesia 2019 berkat perannya sebagai Juno dalam film Kucumbu Tubuh Indahmu garapan Garin Nugroho.

Dalam pidato kemenangannya Minggu malam, Muhammad Khan juga berhasil menyita perhatian publik. Sebab, selain mengucapkan terima kasih kepada sang sutradara Garin Nugroho dan kedua orangtuanya.

Muhammad Khan juga mengucapkan terima kasih kepada seorang aktor kawakan asal India, yang dianggap telah memberinya inspirasi. Ternyata Muhammad Khan sangat mengidolakan sosok aktor Shah Rukh Khan.

"Saya mendedikasikan award ini untuk King Khan. Dia adalah alasan saya menjadi seorang aktor. Saya berharap bisa bertemu dengan dia,” ungkap dia.

Bukan hanya itu saja, di akhir speechnya Muhammad Khan pun menyanyikan sebuah lagu India. Dirinya pun berharap bahwa sang aktor India bisa melihatnya kala itu.

Video tersebut diunggah oleh salah satu akun Twitter fans Shah Rukh Khan me-mention video itu ke akun Twitter Shah Rukh Khan.

Bak gayung bersambut, ternyata Shah Rukh Khan melihatnya dan mengucapkan selamat kepada Muhammad Khan melalui akun twitter pribadinya @iamsrk.

“Saya bersyukur atas pencapaianmu. Saya ingin bertemu denganmu secepatnya. Semoga hidupmu bahagia dan teruslah menjadi aktor. Terima kasih semuanya telah memberitahukan ini kepada saya,” kata Shah Rukh Khan.

Lalu, siapakah sosok Muhammad Khan? Dilansir dari berbagai sumber berikut ini beberapa fakta menarik seputar Muhammad Khan:

Aktor kelahiran Jawa Tengah

Muhammad Khan diketahui merupakan pria kelahiran Jepara Jawa Tengah 28 tahun silam.

Pemain teater

Sebelum terjun ke layar lebar, ternyata Muhammad Khan diketahui telah terjun di dunia seni peran. Dirinya diketahui sering terlibat dalam berbagai teater di kampusnya.

Lulusan universitas seni

Muhammad Khan diketahui mengambil jurusan kuliah seni di sebuah Universitas seni kenamaan di Yogyakarta, yakni Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Di sana dirinya menempuh pendidikan pada prodi teater dengan fokus minat utama keaktoran.

Tertarik dunia akting sejak usia 10 tahun

Dalam akun Instagramnya, Muhammad Khan bercerita perjalanannya di dunia akting. Dalam sebuah unggahannya dirinya ingin menjadi seorang aktor lantaran pada usia 10 tahun dirinya menonton Shah Rukh Khan dalam film Kuch Kuch Hota Hai.

Ia pun terkesima dengan akting aktor kenamaan asal India itu dan berkeinginan untuk menjadi aktor setelah menyaksikan penampilan Shah Rukh Khan dalam film tersebut. Sejak itu dirinya belajar ilmu akting dari Shah Rukh Khan sebelum dia masuk sekolah akting.