Adegan Seks di Parasite Gak Cuma Erotis

Adegan seks di film Parasite.
Sumber :
  • CJ Entertainment

VIVA – Euforia kemenangan besar Parasite di ajang Oscar 2020 masih terasa. Parasite jadi film non-Bahasa Inggris pertama yang memenangkan kategori Film Terbaik. Ia juga mencetak sejarah bagi negaranya, menjadi film pertama yang tembus dan bahkan borong piala Oscar.

Parasite menang 4 kategori penting di ajang bergengsi tersebut. Selain Film Terbaik, mereka juga menang kategori Original Screenplay, Film Internasional, dan Sutradara Terbaik. Bong Joon Ho, sang sutradara, jadi idola baru bukan hanya karena kemampuan ikoniknya dalam membuat film, tapi karena sikap dan ucapannya yang unik dan inspiratif.

Parasite menceritakan tentang perbedaan kelas sosial di Korea yang direpresentasikan oleh Keluarga Kim dan Park. Salah satu adegan ikoniknya adalah adegan panas di sofa antara Tuan dan Nyonya Park.

Dalam adegan tersebut, Tuan Park (Lee Sun Kyun) dan Nyonya Park (Cho Yeo Jeong) berbaring di atas sofa sambil memandangi anak bungsunya yang menginap di tenda luar rumah. Mereka melakukan adegan intim suami-istri, sementara keluarga Kim bersembunyi di bawah meja tanpa mereka ketahui.

Baca Juga: Nonton Streaming Film Parasite di Mana Ya?

Sutradara Bong Joon Ho pun menjelaskan adegan tersebut. Kepada Collider, Bong menyebut, adegan tersebut bukan sekadar adegan seks yang hanya menonjolkan erotisme.

"Maksud dari adegan itu bukan untuk merangsang atau menciptakan unsur erotis," kata Bong Joon Ho mengawali penjelasannya.

Ia mengatakan, adegan tersebut dibuat untuk mendukung tema film secara keseluruhan yang membahas soal perbedaan kelas dan sosial.

"Dalam masyarakat, yang miskin tidak pernah bisa berhubungan begitu dekat dengan yang kaya. Mereka bahkan duduk terpisah di pesawat, kelas bisnis dan ekonomi,” ujarnya.

“Fakta bahwa keluarga Kim bisa benar-benar mencium intensitas seksual keluarga Park mendukung ide tentang perbedaan ini. Jadi ini bukan sekadar adegan seks dan saya rasa bisa memberikan substansi yang kuat untuk film itu sendiri, " jelasnya lagi.

Parasite tak hanya menceritakan sebuah drama keluarga, tapi juga berunsur thriller dan komedi gelap yang satir.