Jadi Pelaku Kejahatan Seksual, Aktor The World of The Married Diboikot

Lee Kyung Young, aktor drama The World of the Married.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Serial drama terbaru JTBC, The World of The Married terus menjadi perbincangan warganet sejak episode pertamanya tayang sebulan lalu. Namun, ternyata ada kontroversi di balik salah satu aktornya, yakni Lee Kyung Young.

Dalam drama itu, Kyung Young berperan sebagai ayah selingkuhan Lee Tae Oh.

Dilansir dari laman Koreaboo, Jumat, 24 April 2020, masa lalu Lee Kyung Young memicu sebagian warganet untuk ramai-ramai memboikot aktor senior tersebut.

Sebagai informasi, pada tahun 2002 silam, Lee Kyung Young sempat ditangkap dan diadili atas kasus prostitusi yang melibatkan seorang aktris.

Dalan catatan sidangnya, ia diduga memanipulasi dan mengeksploitasi aktris di bawah umur berinisial 'L' untuk berhubungan seks dengannya, dengan imbalan sang aktris bisa membintangi film Kyung Young.

Awalnya, ia disebut mengetahui bahwa L adalah seorang remaja. Dua kali berhubungan seksual, Lee Kyung Young sadar dengan usia L yang masuk kategori masih di bawah umur.

Pengadilan lantas menetapkan Kyung Young tidak bersalah untuk satu dari tiga kejadian yang dilaporkan, namun terbukti melakukan prostitusi karena bersalah atas dua kejadian sisanya.

Ia kemudian dijatuhi hukuman percobaan 10 bulan penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Ia juga diharuskan melakukan 160 jam pelayanan masyarakat sebagai bagian dari hukuman.

Setelah persidangan, pada tahun 2004, L dan orangtuanya memenangkan litigasi sipil terpisah terhadap Lee Kyung Young, di mana ia dijatuhi hukuman ganti rugi untuk menutup biaya perawatan dampak psikologis L yang ditimbulkan karena aksi bejatnya.

Lee Kyung Young sempat menghadapi kritikan keras atas perbuatan kriminalnya tersebut. Ia kemudian tak bisa tampil di TV maupun layar lebar untuk sementara waktu.

Pada 2011, hampir satu dekade setelah kejadian tersebut, ia mulai membintangi film dan drama lagi.

Namun, perannya di drama fenomenal The World of The Married tahun ini memicu kontroversi besar di kalangan warganet Korea Selatan. Banyak yang menilai kalau ia tak layak untuk tampil di drama karena telah melakukan tindakan kriminal yang sangat tidak etis dan tidak dapat diterima.

"Jawab aku. Memangnya Korea tak punya aktor lain selain Lee Kyoung Young yang usianya sama seperti dia? Faktanya banyak sekali aktor dengan kemampuan akting yang lebih baik dari Lee Kyung Young. Kenapa aku harus terus melihatnya di TV?" kata warganet.

"Korea terlalu mudah melepaskan pelaku kejahatan seksual. Bagaimana mungkin seseorang seperti Lee Kyung Young bisa kembali membintangi drama TV seperti ini?" ucap yang lain.