Sinopsis Film G30SPKI, Tayang di tvOne Malam Ini

Nonton Bareng Film G30S/PKI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA – Hari ini, 30 September, 55 tahun yang lalu, menjadi salah satu tragedi kelam dalam sejarah bangsa Indonesia. Pada malam 30 September 1965 sebanyak tujuh orang jenderal perwira TNI dibunuh secara keji. Dikenal dengan peristiwa bersejarah G30S PKI, peristiwa ini menjadi peristiwa sejarah yang tak akan terlupakan.

Mereka dituduh akan melakukan makar terhadap Presiden Pertama RI Soekarno melalui Dewan Jenderal. Jenazah ketujuh pahlawan revolusi tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sebuah sumur di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Memperingati Peristiwa Gerakan G 30 S PKI atau G30S PKI, film berjudul Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI atau hanya Pengkhianatan G30S PKI akan tayang di TvOne malam ini. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer ini, dibuat berdasarkan pada versi resmi menurut pemerintah kala itu dari peristiwa "Gerakan 30 September" atau "G30S" (peristiwa percobaan kudeta pada tahun 1965) yang ditulis oleh Nugroho Notosusanto dan Ismail Saleh. 

Baca Juga: tvOne Beberkan Alasan Putar Film G30S/PKI

Film ini menggambarkan masa menjelang kudeta dan beberapa hari setelah peristiwa tersebut. PKI berencana untuk menculik tujuh jenderal (yang dikatakan sebagai anggota Dewan Jenderal), merebut kota, dan mengamankan Soekarno. 

Pada malam 30 September- 1 Oktober, tujuh unit kendaraan dikirim untuk menculik para jenderal yang terkait dengan Dewan Jenderal tersebut. Jenderal Abdul Harris Nasution (Rudy Sukma) berhasil melarikan diri melompati tembok, namun putrinya Ade Irma Suryani Nasution (Keke Tumbuan) justru tertembak.

Sementara itu, atase militer Pierre Tendean (Wawan Wanisar) diketahui sempat mengatasnamakan dirinya sebagai Jenderal A.H Nasution. Sedangkan Jenderal Ahmad Yani diketahui tertembak di kediamannnya saat melawan. Hal serupa juga terjadi pada Mayor Jenderal MT Haryono. 

Lalu Kepala Jaksa Militer Sutoyo Siswomiharjo, Mayjen Siswondo Parman, dan Letnan Jenderal Soeprapto ditangkap. Sedangkan Brigadir Jenderal DI Pandjaitan dibunuh saat dirinya tengah berdoa sebelum diangkut oleh sejumlah anggota PKI.  

Mayat dan tahanan tersebut kemudian  dibawa ke kamp G30S/PKI di Lubang Buaya, di mana para korban yang tersisa disiksa dan dibunuh. Tubuh mereka kemudian dilemparkan ke dalam sumur. Lalu bagaimana cerita selengkapnya? Temukan jawabannya malam ini dalam film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI yang tayang di TvOne pukul 21.00 WIB.