10 Drama Korea Terbaik dan Paling Viral Tahun 2020, Mana Favoritmu?

Drama Korea terbaik dan terviral sepanjang 2020.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Dalam beberapa hari lagi, dunia akan menyambut tahun 2021. 2020 sendiri menjadi tahun yang cukup sulit bagi semua orang lantaran adanya pandemi COVID-19, yang mengharuskan masyarakat harus tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas.

Untungnya, di tengah pandemi ini, masyarakat masih mendapatkan sejumlah tontonan menarik seperti drama Korea.

Ya, drama Korea menjadi tontonan yang sudah menarik perhatian masyarakat Tanah Air sejak belasan tahun belakangan ini. Bukan hanya saja aktor yang terlibat, tetapi juga jalur cerita dan akting para pemainnya yang mampu membuat penonton ikut terhanyut suasana.

Sepanjang 2020 ini setidaknya ada 10 drama yang paling banyak menarik perhatian publik. Bahkan tidak sedikit dari selebriti Tanah Air yang akhirnya jadi kepincut dengan sejumlah aktor dan aktris Korea lantaran penampilan mereka di sejumlah drama berikut ini.

Berikut ini daftar 10 drama Korea terbaik dan paling viral sepanjang 2020, dihimpun VIVA dari berbagai sumber, Senin, 21 Desember 2020.

1. Itaewon Class

Drama Itaewon Class menjadi drama yang paling banyak dibicarakan di awal tahun 2020. Drama yang dibintangi oleh Park Seo Jun ini sempat menjadi perbincangan lantaran dianggap plagiat video populer Pause yang rilis pada 2017 lalu.

Ada tiga adegan dalam drama Itaewon Class yang disebut memiliki kemiripan dengan video garapan CG Record. Kemiripan tersebut di antaranya halte bus, jalanan, dan neon billboard. Pengambilan gambar dan warna editing dari ketiga adegan tersebut juga tampak mirip.

Tidak hanya itu saja pemeran utama wanita yakni Kim Da Mi juga menjadi perbincangan di awal lantaran dianggap kurang cocok beradu akting dengan Park Seo Jun. Namun lambat laun, para penggemar mulai mengapresiasi kemampuan bakat Kim Da Mi sebagai sosok wanita yang keren dalam drama itu.

Selain itu, yang menjadi perhatian dalam drama yang tayang pada 31 Januari 2020, ini adalah penggamabaran sosok Park Sae Ryoi oleh Park Seo Jun yang gigih dan tak kenal lelah dalam memperjuangkan cita-citanya. Drama Itaewon Class berhasil mencatatkan rating 16,548 persen di akhir penayangan dan menjadikan drama ini sebagai drama berperingkat tertinggi kedua di JTBC.

Itaewon Class sendiri menceritakan seorang siswa sekolah menengah yang diperankan oleh Park Seo Jun, menemukan dirinya terlibat dengan sebuah geng setelah dia menemukan dirinya dalam konflik dengan putra seorang pemimpin geng, yang juga seorang CEO restoran.

Ketika serangkaian peristiwa tragis mengarah pada kematian ayahnya, dirinya harus melewati masa hukuman di penjara. Setelah bebas, dia memutuskan untuk membalas dendam dengan membuka bisnis restoran.

2. Hospital Playlist

Drama Hospital Playlist menjadi drama paling menyita perhatian publik sejak di tayangkan pada 12 Maret di Netflix. Drama ini sendiri sering menjadi perbincangan karena mampu menawarkan kisah yang sering dialami hampir semua orang.

Bukan tanpa sebab, drama yang disutradarai oleh Shin Won Ho ini berhasil menceritakan sosok kehidupan dokter, kehidupan seorang ayah tunggal, kehidupan percintaan dan persahabatan sekaligus.

Drama ini sendiri berhasil mencetak rating 7 persen pada penayangan perdananya dan mencetak rating 16,711 persen di episode terakhirnya. Hospital Playlist bercerita tentang lima sahabat yang kuliah di jurusan kedokteran dan lulus pada tahun 1999. Kini, mereka bekerja di rumah sakit yang sama dan tergabung dalam satu tim.

Pemeran utama dalam drama ini adalah Jo Jung Suk. Dia didaulat untuk memainkan karakter bernama Ik Joon, sosok yang berusaha keras untuk menjadi pria keren. Dirinya diketahui diam-diam telah mencintai Jeon Mi Do (Seong Hwa).

3. The World of the Married

Drama World of the Married menjadi drama yang paling banyak diperbincangkan oleh masyarakat Tanah Air. Drama yang diadaptasi dari serial BBC, Doctor Foster ini mampu menaikkan tensi para pecinta drama di setiap episodenya.

Bahkan saking kuatnya karakter para tokoh di drama tersebut, para netizen ramai-ramai membanjiri kolom komentar dari Han So Hee yang berperan sebagai Yeo Da Kyung.

Bukan hanya itu saja, para penggemar juga beramai-ramai mengomentari dan mengacu jempol untuk akting dari rokkie star Jeon Jin Seo sebagai Lee Joon Young yang mampu membawakan karakter anak korban perceraian orangtua. Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui drama lainnya.

Jalan cerita dan akting dari para pemain drama ini membuat drama ini sebagai drama dengan rating tertinggi terutama di akhir penayangan dan berhasil menggeser posisi Sky Castle yang juga tayang di JTBC. The World of the Married kemudian menjadi drama dengan rating tertinggi sepanjang massa di negara asalnya.

The World of the Married menceritakan tokoh Ji Sun Woo (Kim Hee Ae) yang merupakan seorang dokter pengobatan keluarga. Dia menikah dengan Lee Tae Oh (Park Hae Joon) dan mereka memiliki seorang putra bernama Lee Jong Young. Sun Wo tampaknya memiliki segalanya, termasuk karier yang sukses dan keluarga yang bahagia, tetapi dia dikhianati oleh suaminya dan teman dekatnya lain.

Ya, meskipun dia mencintai istrinya, Lee Tae Oh jatuh ke dalam hubungan yang berbahaya karena menjalin kasih dengan Yeo Da Kyung putri seorang pejabat dan hamil, dirinya sempat mengalami kesulitan usai perbuatannya dibongkar sang istri dan meninggalkan tempat kelahirannya, namun kembali lagi untuk membalaskan dendam kepada sang istri.

4. Hi Bye, Mama!

Tayang tak lama dari The World of the Married, drama Hi Bye Mama yang tayang di TvN ini juga menjadi viral di tahun 2020. Drama ini berhasil membawa para penonton larut dalam kesedihan cerita sebuah keluarga dari Kim Tae Hee dan Lee Kyu Hyung serta Go Bo Gyeol ini mampu memberikan pelajaran kehidupan bagi para penikmat drama

Salah satunya adalah merelakan kebahagiaannya demi orang lain seperti yang dilakukan oleh Kim Tae Hee dalam drama ini.

Hi Bye, Mama menceritakan kisah Cha Yu Ri (Kim Tae Hee), seorang ibu yang meninggal dunia dalam kecelakaan tragis lima tahun lalu dan diberi kesempatan kembali kepada suami dan putrinya sebagai hantu selama 49 hari.

Kesempatan tersebut diberikan kepada Cha Yu Rikarena tak tak tenang meninggalkan dunia sebelum bisa memeluk anaknya sendiri. Meski telah lima tahun menjadi hantu, Cha Yu Ri berhasil mempertahankan kepribadian positif dan idealis bahkan di akhirat.

Sementara itu, Jo Kang Hwa (Lee Kyu Hyung) merupakan suami Cha Yu Ri dan juga seorang ahli bedah. Sejak kehilangan Cha Yu Ri, Jo Kang-hwa selalu diselimuti kesedihan hingga kepribadiannya berubah total. Namun, ketika ia mendapat kabar mendiang istrinya kembali sama persis seperti lima tahun lalu, Jo Kang Hwa menemukan hidupnya terbalik untuk kedua kalinya.

5. Its Okay Not To Be Okay

It's Okay to Not Be Okay menjadi salah satu drama Korea yang banyak diperbincangkan masyarakat terutama di Indonesia. Drama ini menyuguhkan cerita yang berfokus pada gangguan kesehatan mental serta misteri di balik kupu-kupu di antara ketiga tokoh utamanya.

Drama yang disiarkan di tvN setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 21.00 waktu setempat sejak 20 Juni 2020 ini dibintangi oleh Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, Oh Jung-se dan Park Gyu Young.

It's Okay Not To Be Okay sempat mendapat peringatan dari Badan penyiaran Korea (KCSC) terkait adegan yang menjurus ke arah dinilai tidak pantas usai drama ini selesai tayang. Dalam episode tersebut, Moon Young (Seo Yea Ji) masuk ruang ganti laki-laki dan melihat Gang Tae (Kim Soo Hyun) yang hendak berganti pakaian. Moon Young juga menyentuh badan Gang Tae di luar kemauannya.

Drama tersebut juga dikritik warganet karena adegan eksibisionisme yang ditunjukkan satu karakter dalam episode empat. Kala itu, karakter yang menderita depresi manik dan eksibisionisme memperlihatkan bagian tubuhnya, termasuk alat kelamin yang ditutupi gambar gajah.

It's Okay to Not Be Okay tayang sejak 20 Juni hingga 9 Agustus 2020 ini berkisah tentang seorang pria yang dipekerjakan di bangsal psikiatri dan seorang wanita, dengan gangguan kepribadian antisosial, yang merupakan penulis buku anak-anak yang populer.

Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) bekerja di bangsal psikiatri. Tugasnya adalah mencatat kondisi pasien dan menghadapi situasi tak terduga, seperti jika pasien berkelahi atau melarikan diri.  Dia hanya menghasilkan sekitar 1,8 juta won sebulan. Wanita itu (Seo Yea Ji) adalah seorang penulis sastra anak-anak yang populer, tetapi dia sangat egois, sombong, dan kasar.

6. The King: Eternal Monarch

Drama yang tayang pada 17 April lalu ini begitu viral di kalangan masyarakat tanah air termasuk para selebriti Tanah Air. Sebut saja Ashanty yang mengaku kepincut dengan sosok Lee Min Ho yang menjadi tokoh utama drama tersebut. Ashanty bahkan beberapa kali mengunggah foto editan dirinya dan Lee Min Ho di akun Instagramnya.

Drama The King: Eternal Monarch merupakan romansa fantasi yang menceritakan kisah dua dunia paralel, yaitu Korea sebagai kerajaan konstitusional dan Korea yang lebih modern. Lee Min Ho akan berperan sebagai Kaisar Lee Gon, sementara Kim Go Eun akan berperan sebagai detektif Jung Tae Eul. Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui daftar lengkapnya.

7. The Flower of Evil

Drama yang tayang pada Juli lalu ini juga berhasil menyita perhatian publik. Hal ini lantaran Moon Chae Won yang kembali beradu akting dengan Lee Jong Gi. Drama ini begitu banyak diperbincangkan lantaran karakter Lee Joon Gi yang dianggap seperti sosok suami dan ayah idaman. Namun, di sisi lain, dirinya juga berjuang mendapatkan kebenaran tentang misteri kehidupannya.

The Flower of Evil ini menceritakan Cha Ji Won yang (Moon Chae Won) yang merupakan seorang detektif yang menikahi seorang pria bernama Baek Hee Sung (Lee Joon Gi) dan memiliki seorang putri bernama Baek Eun Ha.

Setelah 14 tahun pernikannya, Cha Ji Won mengetahui kebohongan sang suami. Dia kemudian mencari tahu kebenaran yang disembunyikan oleh Baek Hee Sung tentang pembunuhan berantai yang melibatkan sang ayah.

8. Record of Youth

Drama yang akan tayang pada 7 September di tvN ini menampilkan Park Bo Gum dan Park So Dam. Record of Youth menjadi drama terakhir Park Bo Gum sebelum memasuki masa wajib militernya.

Record of Youth menceritakan Sa Hyejun (Park Bogum) dan Won Haehyo (Byeon Wooseok) yang merupakan teman masa kecil yang sama-sama menjadi model. Saat bekerja, mereka bertemu An Jeongha (Park Sodam) yang merupakan penata rias pemula.

Berasal dari latar belakang yang berbeda, masing-masing dari mereka memiliki cobaan berat dan situasi keluarga yang kontras. Ketiganya menghadapi cinta, pencobaan, dan persahabatan saat mereka mengalami masa muda.

9. Penthouse

Penthouse merupakan salah satu drama keluaran SBS yang juga begitu viral di kalangan netizen. Setiap penayangannya serial ini bahkan selalu menjadi trending topic di media sosial karena jalan cerita dan akting para pemainnya yang mampu menaikkan tensi para penonton.

Tidak heran jika drama yang disebut setipe dengan Sky Castle ini mampu meraih rating tinggi di setiap penayangannya. Misalnya di awal penayangan, drama ini berhasil mencatat rating 10 persen, dan penayangan terbaru pada 15 Desember lalu berhasil mencatat rating hingga 25 persen dan menjadikannya drama dengan rating tertinggi.

Penthouse sendiri merupakan drama yang bercerita tentang para penghuni Apartemen Penthouse mewah dengan 100 lantai. Drama ini bercerita tentang bagaimana orang tua yang mengupayakan agar anaknya bisa masuk ke sekolah seni terbaik di Korea.

Selain itu, drama ini juga mengangkat isu perselingkuhan antara Joo Dan Tae (Uhm Ki Joon) pebisnis real estate dengan Cheon Se Jin (Kim So Yeon) yang merupakan kepala sekolah seni.

Tidak hanya itu, drama ini juga menceritakan Shim Su-Ryeon (Lee Ji Ah) yang akan membalaskan dendam atas kematian putrinya.

10. Start Up

Drama terakhir yang juga viral di 2020 adalah Start-Up yang dibintangi oleh Suzy Bae, Namjoo Hyuk, Kim Seon Ho. Drama ini begitu menguras air mata para penonton sejak awal episode awal. Terutama saat menggambarkan tentang Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho) yang ditolong oleh nenek Seo Dal Mi. Hubungan antara keduanya bahkan membuat para penonton ikut terhanyut.

Drama ini juga sempat membuat masyarakat terbelah menjadi dua kubu, yakni tim Han Ji Pyeong dan tim Nam Do San yang diperankan oleh Nam Jo Hyuk.

Pasca penayangan drama ini, Start-Up bahkan membuat sejumlah orang membuat parodi dari sejumlah adegan dari drama tersebut,

Start-Up mengambil setting fiksi di Silicon Valley Korea Selatan bernama Sandbox dan berkisah tentang orang-orang di dunia perusahaan startup.

Drama yang tayang pada 17 Oktober ini menampilkan Suzy berperan sebagai Seo Dal Mi, yang bermimpi menjadi Steve Jobs Korea, dan Nam Joo Hyuk berperan sebagai Nam Do San, pendiri Samsan Tech.

Selain itu ada juga Kim Seon Ho berperan sebagai Han Ji Pyung, pemimpin tim di SH Venture Capital, dan Kang Han Na berperan sebagai Won In Jae, seorang CEO dan chaebol generasi kedua.