5 Film Gangster Korea Paling Keren, Mantap Seru Banget

Film Korea, The Thieves
Sumber :
  • Naver

VIVA – Invasi film-film Korea ke penjuru dunia terus menjadi perbincangan para pencinta sinema sejagat raya. Ternyata deretan sajian film Korea rupanya tak melulu yang bergenre drama atau romance saja yang mendunia, tapi juga beragam tema lainnya.

Dan salah satu yang cukup diperhitungkan kemunculannya yakni jajaran judul film Korea yang mengangkat tema kehidupan gangster dan para mafia. Ketegangan dan serunya menyimak alur cerita dari kalangan mafia Korea rupanya kini telah jadi mencuri perhatian para pencinta film.

Apa sajakah deretan film gangster Korea yang paling keren? berikut daftar 5 judul film gangster Korea yang jadi sorotan para pencinta layar lebar yang dirangkum dari berbagai sumber:

The Thieves (2012)

Photo :
  • Naver

Sama seperti The Man from Nowhere, The Thieves (2012) dinobatkan sebagai salah satu film dengan pendapatan tertinggi dalam sejarah perfilman Korea Selatan, juga paling banyak ditonton sepanjang masa.

Menggabungkan genre komedi-aksi, alur cerita berfokus pada Popie (Lee Jung Jae), Yenicall (Jun Ji Hyun), Chewingum (Kim Hae Sook) dan Zampano (Kim Soo Hyun) yang tergabung dalam sindikat pencuri profesional di Korea Selatan. Baru terungkap bahwa setiap anggota tim memiliki agenda mereka sendiri yang pada akhirnya menjadi malapetaka untuk misi mereka.

The Man from Nowhere (2010)

Pertama adalah The Man from Nowhere, film lawas yang ditayangkan tahun 2010 silam sekaligus mendaulat aktor Won Bin sebagai pemeran utama. Ini merupakan salah satu film dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah industri perfilman Korea. 

Diceritakan Cha Tae Shik (Won Bin) bekerja sebagai pemilik toko pegadaian. Teman satu-satunya adalah seorang gadis kecil bernama So Mi (Kim Sae Ron). Suatu hari, ibu So Mi memutuskan untuk mencuri narkoba dari kelompok kejahatan terorganisir yang ditakuti. 

Penguasa kelompok preman tersebut dipimpin Oh Myung Gyu, yang kemudian mengirim anak buahnya untuk mengambil narkoba dari ibu So Mi. Pada akhirnya, mereka menculik So Mi dan Cha Tae Shik berusaha menyelamatkannya.

My Wife Is a Gangster (2001)

Film ini dibintangi oleh Shin Eun-kyung yang memerankan tokoh Cha Eun-jin sebagai seorang pemimpin sebuah kelompok mafia cewek yang ditakuti dan sekaligus disegani. Dalam film ini, performa Eun-kyung berhasil memikat para penonton dengan karakternya yang memukau dan karismatik.

Digarap apik oleh sutradara Jo Jin-kyu, film ini mampu mengeksplorasi kualitas akting Eun-kyung yang luar biasa diapresiasi para penonton. Suatu hari, Eun-jin menemukan kakaknya yang telah lama dia cari.

Mirisnya, kakaknya menderita penyakit kanker dan mengalami masa kritis. Sebelum meninggal, sang kakak meminta dia menikah. Eun-jin pun menikah dengan cowok yang dirasa cocok bernama Kang Soo-il (Park Sang-myeon).

Nameless Gangster (2012)

Berlatar wilayah Busan pada era 1980 sampai awal 1990, film Nameless Gangster mencoba mengangkat kehidupan mafia Korea. Pada periode tersebut, korupsi dan kejahatan merajalela di Korea. Dalam film ini, mantan petugas bea cukai pelabuhan, Choi Ik-hyun (Choi Min-sik), harus hidup tanpa arah setelah dipecat karena menerima uang suap.

Suatu hari, dia memergoki dua orang yang sedang membongkar barang muatan berisi heroin. Ik-hyun pun memutuskan menyelundupkan dan mengedarkannya melalui Choi Hyung-bae (Ha Jung-woo), pemimpin kelompok kriminal terkuat di Busan dengan jaringan kejahatan yang luas.

The Outlaws (2017)

Film gangster Korea yang satu ini merupakan film yang dibintangi aktor Ma Dong Seok. Film ini bercerita dan menyoroti petualangan seorang detektif bernama Ma Suk Do (Ma Dong Seok) yang berusaha mengungkap kasus gangster yang meresahkan warga.

Pada tahun 1990-an, gangster Korea memang merajalela di Chinatown. Mereka kerap melakukan tindak kekerasan dan merampas 'upeti' para pedagang. Suatu hari, Jang Chen (Yoon Kye Sang), salah satu pemimpin mafia terbesar di China, datang dari Harbin.