8 Film Horor Terbaik Sepanjang Sejarah, Hanya untuk Pemberani

Conjuring 2.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Film horor terbaik adalah sebuah film genre yang banyak disukai oleh semua orang di seluruh penjuru dunia. Hal ini dibuktikan dengan para sineas yang rajin merilis film bertema horor. Ketegangan yang dihasilkan, alur cerita, musik, ditambah dengan sosok gaib, membuat film horor banyak dinikmati oleh semua kalangan, terutama anak muda. Apalagi bila film ini diangkat dari kisah nyata dan dikemas dengan sangat apik. Bahkan, tidak jarang beberapa film horor sukses meraih predikat sebagai film horor terbaik sepanjang masa. 

Selain itu, film horor ini bukan hanya menyuguhkan penampakan yang seram atau jumpscare yang dapat membuat ketakutan. Lebih dari itu, kini banyak sekali rekomendasi film horor dengan premis cerita yang menarik. Bahkan, beberapa diantara film horor ini kerap dibumbui dengan kisah romantis, drama, sampai adegan aksi yang sangat memanjakan mata. Tidak usah berlama-lama, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan tentang film horor terbaik yang dapat ditonton di rumah secara gratis.

1. The Medium

The Medium

Photo :
  • IMDb.com

Urutan pertama film horor terbaik adalah The Medium yang baru dirilis tahun 2021 lalu. Film ini memiliki gaya penyajian yang mirip seperti Paranormal Activity sehingga akan membuat kamu mempunyai pengalaman baru ketika menyaksikan film bergenre horor. Secara umum, film ini mengangkat kisah mengenai aktivitas perdukunan di Isan, Thailand. Dikemas dengan gaya dokumenter, film ini merupakan garapan dari sutradara Banjong Pisanthanakun dan Na Hong-jin. 

Cerita film ini berkutat dalam kehidupan Mink yang tidak lain adalah keponakan dari Nim, seorang dukun yang telah dirasuki oleh roh Bayan yang begitu diagungkan dan menjadi dewa pelindung di tanah tersebut. Selama alur cerita, keponakan Nim mengalami beragam gejala dan bertingkah aneh. Hal ini karena ibu Mink menolak untuk memindahkan roh Bayan ke tubuh anaknya. 

2. Insidious

insidious

Photo :
  • flickr

Untuk kamu yang menyukai film horor terbaik, cobalah untuk menonton Insidious. Film yang disutradarai oleh James Wan ini mengusung cerita mengenai sebuah keluarga yang ingin mencegah roh jahat yang akan menjebak sang anak sampai koma. Mulanya sang anak yang bernama Dalton dari keluarga Josh Lambert dan Renai terjatuh dari tangga loteng dan kepalanya membentur lantai. 

Setelah kejadian itu, Dalton tidak sadar sampai berhari-hari, dokter juga tidak dapat menduga hal yang terjadi pada anak itu. Beberapa bulan berlalu, sang istri dalam keluarga itu menyadari adanya hal aneh yang terjadi di dalam rumah. Renai mengatakan bahwa rumah tersebut memang berhantu dan harus segera pindah. Bila kamu semakin penasaran dengan nasib keluarga mereka, segera tonton untuk mencari tahu jawabannya. 

3. The Conjuring

Adegan film The Conjuring 2.

Photo :
  • U-Report

Film horor terbaik ini sukses meraup keuntungan kotor mencapai US$318 juta dari biaya pembuatan yang hanya mencapai US$20 juta saja. Diangkat menurut kisah nyata, The Conjuring juga menjadi salah satu film horor terlaris sepanjang sejarah. Film ini mengusung kisah paling sulit yang pernah ditangani oleh pasangan suami istri paranormal terkenal di Amerika, yaitu Ed dan Lorraine Warren. 

Mereka perlu menangani kasus keluarga dari Peron yang mendiami sebuah rumah hantu. Setelah ditelusuri, nyatanya pada abad ke-18 rumah tersebut dihuni oleh seorang penyihir perempuan yang bernama Bathsheba yang secara tega membunuh anaknya sendiri sebagai tumbal kepada seorang iblis. Ia juga mengutuk siapa saja yang meninggali rumah itu akan meninggal dunia karena bunuh diri atau dibunuh. 

4. Coming Home In The Dark

Coming Home In The Dark

Photo :
  • Tangkapan Layar

Film yang berjudul Coming Home In The Dark ini merupakan film horor-thriller yang berasal dari Selandia Baru. Alur cerita film ini mengikuti kisah sebuah pasangan yang sedang mendaki bersama dua anak mereka. Sayangnya, bagaimanapun, mereka harus bertemu dengan sepasang pengembara kejam yang sering menyerang secara acak.

Film ini bisa menjadi rekomendasi film horor yang wajib kamu tonton. Selain itu, intensitas cerita yang terus memuncak akan membuat kamu marah karena korban terlihat tidak bersalah. Film ini dibintangi oleh aktor terkenal James Ashcroft.

5. Blood Red Sky

Blood Red Sky

Photo :
  • Tangkapan Layar

Film horor terbaik berikutnya berjudul adalah Blood Red Sky. Kamu dapat menonton film yang dibuat pada tahun 2021 dengan berlangganan situs streaming Netflix. Jika kamu tertarik dengan karakter hantu bertema vampir, maka film ini harus ada dalam daftar tontonan Anda.

Film horor ini mengangkat kisah tentang seorang wanita bernama Nadja dan putranya yang bernama Elias. Nadja berusaha menyembuhkan penyakit aneh yang diderita oleh dirinya. Penyakit itu mengharuskan Nadja untuk menyuntikkan obat ke dalam tubuhnya setiap beberapa menit sekali. Di dalam pesawat, ia terpaksa bolak-balik ke toilet untuk menyuntikkan obat tersebut.

6. In The Tall Grass

Cuplikan Film In The Tall Grass

Photo :
  • Instagram

Pernahkah kamu terpikirkan untuk ingin pergi ke ladang jagung? Lebih baik cabut niat ini! Sebab, film horor ini berkisah tentang kehidupan seram dan menakutkan di balik ladang jagung. In The Tall Grass bercerita tentang kakak beradik yang terpaksa memasuki padang rumput tinggi (ladang jagung) untuk menyelamatkan seorang anak laki-laki.

Namun, mereka segera menyadari bahwa mereka tidak dapat melarikan diri dan sesuatu yang jahat bersembunyi di balik rerumputan tinggi. Hal-hal tidak berhenti di situ, dan saat dia memasuki ladang jagung, segala macam hal aneh mulai terjadi. Mulai dari mendengarkan permintaan tolong, orang yang sedang menangis, sampai tersesat dan tidak dapat keluar lagi.

7. Halloween

Film Halloween

Photo :

Bagi kamu yang menyukai film Halloween legendaris tahun 1978, rekomendasi film Halloween 2018 ini juga patut untuk dilihat. Sudah 40 tahun sejak Laurie Strode selamat dari serangan ganas oleh pembunuh gila Michael Myers pada malam Halloween. Pembunuh berantai tersebut kembali beraksi di malam pesta Halloween.

Laurie sekarang menghadapi pertempuran yang menakutkan ketika orang gila bertopeng adalah seorang ibu, dan tentu saja film horor terbaik ini harus ditonton. US yang keluar pada tahun 2018 lalu, mungkin bisa menjadi salah satu pengalaman menonton film horor luar biasa yang akan membuat kamu tercengang. Ditemani oleh suami, putra dan putrinya, Adelaide Wilson kembali ke rumah tepi laut tempat dia dibesarkan.

Adelaide dihantui oleh pengalaman masa lalu yang traumatis dan semakin khawatir bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Ketakutan terburuk itu segera menjadi kenyataan ketika empat orang asing bertopeng masuk dengan cara membobol penginapan mereka dan memaksa keluarga Wilson berjuang untuk bertahan hidup.

8. Hereditary

Adegan film horor Hereditary

Photo :
  • Youtube

Hereditary dinobatkan sebagai film horor terbaik tahun 2018. Dibintangi oleh Alex Wolff, film ini bercerita tentang Alex, yang memerankan Peter Graham, dan keluarganya, yang harus berurusan dengan sekte setan Paimon yang ditinggalkan oleh nenek moyang mereka. Film berdurasi 127 menit ini memiliki 89% kekalahan di Rotten Tomatoes.