Kena Stroke, Kondisi Tio Pakusadewo Mulai Stabil

Tio Pakusadewo
Sumber :
  • Instagram/pksdw

VIVA – Tio Pakusadewo sedang berada di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON), Cawang, Jakarta Timur sejak Senin sore, 8 Juli 2019. Tio mengalami serangan stroke.

Ardi selaku manajernya mengatakan bahwa Tio memang memiliki riwayat darah tinggi. Dan serangan stroke yang terjadi akibat adanya pembuluh darah yang pecah.

"Serangan (stroke) kemarin siang, mendadak. Untuk menjenguk mungkin masih keluarga. Riwayat penyakit emang ada darah tinggi," ungkap Ardi saat berbincang dengan VIVA, Selasa, 9 Juli 2019.

Meski kabar buruk ini sempat mengejutkan, namun Ardi mengatakan, saat ini kondisi Tio berangsur membaik. Kodisinya perlahan mulai stabil dan telah berpindah ruangan dari Intensive Care Unit (ICU) ke High Care Unit (HCU).

"Untuk sementara ini sih Om Tio dalam kondisi sudah stabil dibanding kemarin karena keburu dilakukan perawatan," ujar Ardi.

Ardi membenarkan bahwa hampir 24 jam kondisi Tio menuju stabil sejak serangan stroke Senin siang, 8 Juli 2019. "Sekarang udah di ruangan HCU," katanya.

Perlu diketahui, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko stroke. Seperti dilansir laman Alodokter, faktor-faktor tersebut meliputi faktor kesehatan: hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, penyakit jantung seperti gagal jantung, penyakit jantung bawaan, infeksi jantung, atau aritmia. Penyebab lainnya juga termasuk sleep apnea.

Selain itu, faktor gaya hidup juga bisa menjadi penyebab terjadinya stroke. Misalnya merokok, kurang olahraga, konsumsi obat-obatan terlarang, hingga kecanduan alkohol. (rna)