Anak Idap Sindrom Williams, Dede Sunandar Tolak Berobat ke Amerika

Dede Sunandar dan keluarga
Sumber :
  • Instagram/dede_sunandar

VIVA – Putra bungsu Dede Sunandar, Ladzan Syafiq Sunandar, mengidap penyakit langka yang dinamakan Williams Syndrome atau Sindrom Williams. Hal itu pertama kali diketahui dari unggahan Instagram sang istri, Karen Hertatum.

Dalam postingannya, Karen menceritakan bagaimana cerita awal kelahiran putra bungsunya itu pada 11 Februari 2018 dengan berat 2,5 kilogram dengan keadaan normal. Dia juga menyebut, Ladzan langsung menangis seperti bayi pada umumnya.

Namun, setelah 2 hari kelahirannya, salah satu dokter anak menyebutkan ada kelainan pada jantung putranya itu. 

"Setelah 2 hari Ladzan lahir, ada dokter anak yang periksa Ladzan (saya lupa nama dokternya) bilang kalau ada yang lain di jantung Ladzan, tapi dokter enggak menjelaskan apapun dan langsung bilang, "Mungkin saya yang salah dengar ya." Tanpa membahas lagi apa yang dia khawatirkan," tulis Karen dikutip VIVA di postingan instagramnya @karenhertatum22, Jumat, 9 Agustus 2019.

Unggahan tersebut ternyata mendapat respons dari orang Amerika yang ingin membantu kesembuhan putranya. Namun Dede harus pergi ke Amerika untuk pengobatan tersebut.

"Karen bikin postingan bahwa anak Dede punya penyakit yang bisa di-sharing sama orang-orang dan orang Amerika itu tiba-tiba follow Reren, pakai Bahasa Inggris cuma kalau diartiin anak kita diajak ke Amerika, pengobatan dari sana," ujar Dede seperti yang dikutip VIVA dari tayangan YouTube Okay Bos Trans 7.

Dede mengaku kebingungan jika harus menetap di Amerika. Ia pun menolak putranya dibawa ke negeri tersebut. Namun, Dede akan melakukan apapun untuk kesembuhan putra bungsunya itu.

"Masalahnya kita tinggal di sana di siapa, udah enggak usahlah, kalau Allah ngasih ujian buat Dede, kalau Dede mampu sampai kapan pun sampai enggak ada, sampai jual segala organ tubuh Dede untuk kesembuhan anak Dede enggak masalah," kata Dede Sunandar kemudian. (tsy)