Kecenya Tara Basro, Si Cool Wulan Merpati dalam Gundala

Tara Basro
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Tara Basro bukan wajah yang asing di dunia entertainment. Perawakan eksotisnya sudah seringkali wara-wiri di layar lebar. Yang terbaru, wanita bernama lengkap Andi Mutiara Pertiwi Basro itu tampil memukau dalam film Gundala yang sedang tayang di bioskop.

Pemeran Wulan/Merpati dalam Gundala itu dikenal sebagai aktris dengan kemampuan akting mumpuni. Tapi siapa sangka, dulunya Tara sempat nyaris menyerah mengejar mimpi. Tara ABG  menjadi finalis Gadis Sampul sebelum ia menyelesaikan pendidikan di Australia.

Sepulangnya dari negeri Kangguru, wanita 29 tahun itu mencoba terjun ke dunia seni peran. Sayangnya, Tara selalu gagal casting sampai terpikir untuk berhenti mencoba.

Sampai pada akhirnya Tara lolos casting film Catatan (Harian) Si Boy (2011). Berkat film tersebut, Tara berhasil masuk dalam nominasi penghargaan Indonesia Movie Awards 2012 untuk kategori Aktris Pendatang Baru Terbaik dan Terfavorit. Sejak itu, jalan Tara di dunia akting mulai terbuka.

Mau tahu lebih banyak tentang Tara, yuk simak beberapa hal berikut.

Berprestasi

Tara sudah mencoba berbagai peran dalam banyak genre seperti drama, horror hingga action. Ia pun berhasil memerankan berbagai tokoh dengan sangat baik. Motto 'beraktinglah senormal mungkin seperti kehidupan sehar-hari' jadi trik Tara untuk menampilkan akting natural. Berkat kerja kerasnya, sederet prestasi sudah didapat mantan kekasih Arifin Putra itu.

Akting ciamiknya dalam film A Copy of My Mind membawa Tara meraih piala citra di ajang Festival Film Indonesia 2015. Ia berhasil mengalahkan Chelsea Islan, Dewi Sandra, Marsha Timothy dan Adinia Wirasti. Dalam film itu, Tara berperan sebagai Sari, seorang pekerja salon facial. Lewat film yang sama, ia juga meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terfavorit pada penghargaan Usmar Ismail Awards 2016.

Bersahabat dengan Abimana Aryasatya

Tara dan Abimana dipertemukan dalam film Gundala besutan Joko Anwar. Di mana Tara berperan sebagai Wulan/Merpati dan Abimana sebagai Sancaka/Gundala.

Ternyata dalam dunia nyata, keduanya sudah cukup lama bersahabat. Sebagai sahabat, mereka saling memberikan support. Dukungan diberikan oleh Tara kepada Abimana yang untuk pertama kalinya akan menemui ayahnya di luar negeri. Perempuan berdarah Makassar itu ikut merasa bahagia untuk Abi,”Well, I'm happy for him," katanya.

Langganan film Joko Anwar

Pengabdi Setan, A Copy Of My Mind, Pendekar Tongkat Emas, Perempuan Tanah Jahanam, serial Halfworlds dan Gundala adalah sederet film arahan Joko Anwar yang dibintangi oleh Tara.

Terkesan sebagai aktris langganan Joko, nyatanya Tara masih harus melalui proses casting. "Sebenarnya Bang Joko itu sangat bawel banget ya, untuk hal pemain dari dulu. Semuanya itu aku pun melalui casting, which is menurut aku itu yang aku suka dari Bang Joko,” ucap Tara beberapa waktu lalu.

Beberapa kali bekerja sama dengan Joko Anwar, membuatnya mengerti keinginan sutradara ternama itu. "Dari segi visinya sendiri, ya aku sudah tahu lah kira-kira apa sih yang mau dicapai sama bang Joko,” ucap Tara saat berbicara perannya dalam Gundala.

Dalam Gundala, Tara berperan sebagai Wulan/Merpati yang digambarkan sebagai sosok penegak keadilan yang peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Namun, Merpati juga merupakan seseorang yang serius dan idealis, berbeda 180 derajat dengan sifat asli dari Tara dalam kehidupan sehari-hari.

Pengin liat akting keren Tara sebagai Merpati? Tonton Gundala weekend ini.  

Cari tau cerita rahasia balik layar Gundala dari empu-nya BumiLangit, cek di bawah ini.