Annisa Pohan Kenang Momen Terakhir Bersama Almarhum BJ Habibie

BJ Habibie bersama anak-mantu SBY
Sumber :
  • instagram @annisayudhoyono

VIVA – Annisa Pohan jadi satu dari sekian banyak pelayat yang hadir ke rumah duka BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019. Annisa Pohan datang bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyon, dan Edhie Baskoro, Yudhoyono.

Menantu SBY ini masih ingat kenangan terakhir kali saat berbincang dan datang ke rumah tersebut. 

"Saya ingat sekali terakhir kami berkunjung ketika Lebaran, berkunjung ke rumahnya yang di sini," ujar Annisa.

Saat itu, Habibie dengan bangga membawa Annisa Pohan dan keluarga SBY untuk mengelilingi rumahnya. Habibie banyak bercerita mengenai pengalaman yang telah dilaluinya. 

"Beliau dengan begitu ramah dan senangnya mengajak kami keliling rumahnya, menceritakan pengalaman-pengalaman beliau, menceritakan pesawat yang pernah beliau buat," katanya. 

Annisa menganggap BJ Habibie seperti keluarganya sendiri. Seperti diketahui, keluarga SBY menjalin kedekatan personal dengan BJ Habibie. Kedekatan itu terjalin sejak kepergian Ibu Ainun dan semakin dekat saat Ibu Ani berpulang. 

"Beliau juga memiliki kedekatan khusus dengan keluarga Yudhoyono, hubungan kami begitu dekat dengan putra-putrinya, dengan beliau juga," katanya lagi.

Annisa Pohan kini hanya bisa berikirim doa, agar BJ Habibie ditempatkan di sisi terbaik Sang Pencipta dan keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan. Jenazah BJ Habibie dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis siang.

Rombongan jenazah berangkat dari rumah duka sekitar pukul 13.00. Makam Habibie berada di samping istrinya, Ainun.