Ariel Tatum Mengaku Idap Penyakit Mental BPD Sampai Coba Bunuh Diri

Ariel Tatum
Sumber :
  • Instagram/arieltatum

VIVA – Ariel Tatum akhirnya membuka rahasia jika dirinya salah satu penderita Borderline Personality Disorder (BPD) atau kepribadian ambang akut yang menyebabkan dirinya sulit untuk berkegiatan dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Dari gangguan mental yang dialaminya itu, Ariel mengaku mencoba untuk melukai dirinya sendiri bahkan hingga percobaan untuk bunuh diri.

"Menurut aku yang paling parah percobaan bunuh diri sih pastinya terus sama melukai diri sendiri. Menurut aku udah enggak wajar ya karena aku pun enggak sadar akan hal itu," kata Ariel di Grha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu, 19 Oktober 2019. 

Tidak hanya sekali, aktris 22 tahun ini sudah mencoba bunuh diri hingga beberapa kali, tetapi ia tidak ingin membahas lebih jauh bagaimana akhirnya ia bisa berpikir untuk mengakhiri hidupnya itu.

"Iya ada beberapa kali percobaan bunuh diri tapi ya. Waktu umur 13 tahun pertama kali mulainya. Abis itu kayak beberapa kali. Jadi depresi itu kan ada episode-episodenya ya. Jadi beberapa kali sampai 2 tahun yang lalulah masih," ucapnya.

"Banyak faktor tapi faktornya lebih ke personal sih. Bukan itu yang mau aku bahas, cuma lebih ke semua orang pasti punya faktor-faktor yang mereka saat ini (bertahan). Jadi yang mau aku tekankan lebih ke, ‘ayo kita semua pasti punya luka yang belum selesai, jadi ayo diselesaiin,'" sambungnya.

Saat melukai dirinya, Ariel hingga mencari tempat yang tidak terlihat sehingga tidak ada seorang pun yang tahu. Luka pada tubuhnya juga berada di tempat yang tidak terlihat oleh orang.

"Waktu awal-awal aku ngumpet-ngumpet. Enggak pernah di tangan, aku seringnya di bagian tubuh dalam. Yang di tempat tertutup kayak paha. Jadi aku ngerasa kayak takut saat itu, salah satunya pakai cutter," katanya.

Orang pertama yang mengetahui hal itu terjadi pada Ariel adalah sang ibu, tetapi ibundanya pun tidak percaya sebab ia terlihat sebagai anak yang ceria.

"Orang pertama yang tahu tuh mama aku. Mama aku yang pasti kaget banget karena dia enggak nyangka banget. Karena aku kan enggak terlihat seperti itu, aku anaknya ceria banget, heboh banget anaknya, makanya itu lho kita enggak bisa ngejudge orang," seru Ariel Tatum.

Jika Kamu butuh bantuan konsultasi untuk mengatasi masalah depresi atau Kamu melihat orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri bisa menghubungi nomor darurat Kementerian Kesehatan di 119.