Kanopi Rumahnya Viral, Clara Duo Semangka: Itu Buat Pengemis Kecapean

Clara Gopa Duo Semangka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Rumah milik pedangdut Clara Gopa 'Duo Semangka' yang berada di kawasan Sawojajar, Malang, Jawa Timur, akhir-akhir ini menjadi perbincangan banyak orang, khususnya warganet. Hal tersebut karena kanopi yang dipasang di depan rumah Clara dianggap mempersempit akses jalan setempat.

Jika dilihat dari foto-foto yang tersebar luas di media sosial khususnya Instagram, ukuran kanopi tersebut memang cukup untuk memayungi mobil yang terparkir di bawahnya. Warganet pun menghujat Clara yang dianggap telah mengganggu akses jalan.

Ditemui awak media di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Clara menjelaskan bahwa sebenarnya kanopi tersebut sudah dibangun jauh sebelum dirinya memiliki mobil.

Clara dan keluarga mengaku punya niat yang baik ketika membangun kanopi tersebut, yakni agar pemulung dan pengemis beristirahat. Area di bawah kanopi dengan ukuran besar itu memang tampak teduh.

Baca Juga: Soal Kanopi Makan Jalan, Clara Gopa Duo Semangka: Gede tapi Gak Ganggu

“Kanopi itu sebenernya sudah lama ya sebelum aku punya mobil, itu memang sudah ada kanopi. Karena tujuan kita itu memang positif, karena sering banget ada pengemis, pemulung yang kadang capek istirahat duduk di situ, terus kadang dikasih air putih, teh. Tujuan kita memang ke situ sebetulnya, sebelum ada mobil,” ucap Clara, Selasa, 5 November 2019.

Clara menambahkan bahwa dirinya merasa kaget ketika berita tersebut tiba-tiba saja viral di media sosial. Padahal menurut Clara, kanopi tersebut dibuat dengan tujuan mulia.

Clara juga mengatakan bahwa orangtuanya tidak mau melepas kanopi itu. Bahkan, saat ini sudah disediakan air minum di bawah kanopi tersebut untuk membuat para pengemis dan pemulung lebih nyaman saat beristirahat.

“Mama aku yang enggak mau ngelepas itu, dipertahankan. Kalau untuk mobil emang sudah dipindahin. Cuma kalau kanopinya dia enggak mau ngelepasin, malah dikasih aqua galon di situ,” tuturnya.

Keinginan untuk tidak melepas kanopi pun semakin kuat, karena menurut Clara selama ini pihak manapun tidak ada yang merasa terganggu dengan adanya kanopi tersebut. Mobil berukuran kecil dan besar pun, menurutnya, masih bisa lewat.

“Sebenarnya sih enggak mengganggu, karena bisa lewat mobil. Truk yang gede pun juga bisa lewat. Karena kanopinya tinggi. Kalau ngeganggu sih kayanya enggak,” ujar personel Duo Semangka ini.