Usilnya Sascha Baron Cohen Serang Mark Zuckerberg di Golden Globe 2020

CEO Facebook Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • News Room Facebook

VIVA – Aktor, Sascha Baron Cohen tak menyia-nyiakan penampilannya di panggung Golden Globe 2020 untuk berbuat usil. Saat itu dia membuat lelucon serangan pada CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Serangan ini dilontarkan Cohen saat memperkenalkan salah satu nominasi film musikal atau komedi Golden Globe 2020, Jojo Rabit, yaitu film satire soal Nazi Jerman dari mata seorang anak berusia sepuluh tahun di Hitler Youth.

"Pahlawan untuk film selanjutnya adalah anak naif, sesat yang menyebarkan propaganda Nazi dan hanya memiliki teman khayalan. Namanya adalah Mark Zuckerberg," kata Cohen dilansir laman Business Insider, Senin, 6 Januari 2020.

Tak lama setelah leluconnya itu, dia meminta maaf. Cohen mengatakan jika yang dibicarakan sebelumnya adalah perkenalan untuk film The Social Network.

"Maaf ini adalah intro lama The Social Network," canda aktor berusia 48 tahun. Setelah itu dia meneruskan untuk memperkenalkan film Jojo Rabbit.

Baca Juga: Grup X1 Resmi Dibubarkan, Apa Alasannya?

Bukan kali ini saja, pria asal Inggris itu menyerang Zuckerberg. November tahun lalu, Cohen juga mengkritik bos Facebook saat sedang pidato di Anti-Deafamation League.

Cohen mengkritik Zuckerberg khususnya saat itu. Dia menuding Facebook memfasilitasi penyebaran ujaran kebencian dan teori konspirasi.

Dia juga mengatakan jika Zuckerberg menggunakan definisi kebebasan berbicara yang salah untuk membenarkan ujaran kebencian. Termasuk di dalamnya mengenai penolakan holocaust di Facebook.

Cohen juga mengecam keputusan raksasa media sosial itu untuk pengecualian terhadap iklan politik dari pengecekan fakta. Dia mengatakan jika perilaku CEO Facebook seperti imperialisme ideologis.