Tantri Kotak Ungkap Alasan Pilih Lahiran Caesar di Tanggal Cantik

Tantri Kotak dan Arda
Sumber :
  • Nuvola Gloria/VIVA

VIVA – Vokalis band Kotak, Tantri, baru saja dikaruniai anak kedua yang lahir pada Jumat 20 Februari 2020. Melahirkan bayi laki-laki yang sehat, istri Arda Naff itu menjalani persalinan caesar (sesar).

Vokalis berhijab itu menuturkan bahwa pemilihan tanggal yang cantik untuk melahirkan buah hatinya bukanlah sesuatu yang direncanakan lantaran tanggalnya memang sudah diprediksi sejak awal kehamilan.

"Sebenernya kalau dibilang sengaja ya sengaja enggak sengaja karena emang HPL (Hari Perkiraan Lahir) mendekati tanggal itu," ujar Tantri saat konferensi pers di RS Mayapada Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu 22 Februari 2020.

Pemilihan proses persalinan sesar sendiri, menurut Tantri, memang hal yang ia inginkan. Sejak melahirkan anak pertamanya pada 2016 silam, pengalaman yang kurang menyenangkan itu membuatnya tak ingin menjalani lahiran normal.

"Anak pertama itu aku sampai pembukaan ke enam sampai induksi dua kali, bisa dibilang gagal induksi akhirnya sesar. Jadi lumayan buat capek dan akhirnya aku sempat baby blues karena tidak fokus pada anak, ASI enggak keluar, segala macem," tuturnya.

Namun, e menepis anggapan bahwa perjuangan seorang ibu harus dilihat dari proses persalinan yang dipilih. Terlebih, proses mengasuh anak akan sangat panjang sehingga segala pilihan persalinan perlu diapresiasi.

"Perjuangan seorang ibu bukan diliat dari normal atau tidaknya, tapi setelah itu jadi masih panjang sekali perjuangan ibu. Kalau dari yang kedua ini, aku kayak, gue harus fokus sama ASI, enggak mau baby blues lagi," paparnya.

Beruntung, ASI miliknya untuk sang bayi bisa langsung diberikan keesokan harinya usai melahirkan. Dukungan dari orang tercinta di sekeliling, diakui Tantri, membuat ASI bisa keluar dengan lancar.

"Alhamdulillah banget, habis operasi itu hitungannya masih 0 hari dan pas di tanggal 21 itu ASI-nya sudah keluar. Saking aku positif mindset dan mau dikelilingi sama support ASI," terangnya.