Afgan dan Atta Halilintar Juga Galang Dana untuk Tangani COVID-19

Afgan dan Atta Halilintar
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia terus bertambah banyak. Data terakhir menyebutkan jika sudah ada 172 orang yang positif COVID-19. Jika kemarin Nikita Mirzani dikabarkan merogoh koceknya Rp100 Juta dan selebgram Rachel Vennya menggalang donasi hingga terkumpul lebih dari Rp1 miliar sebelum 24 jam, kali ini YouTuber Atta Halilintar dan penyanyi Afgan melakukan hal serupa.

Atta dan Afgan masing-masing bekerja sama dengan situs kitabisa dalam menggalang donasinya. Afgan menyampaikan campaign yang dibuatnya itu melalui video di instagram stories miliknya. Pelantun Sadis  ini mengajak masyarakat turut membantu tim medis yang saat ini kekurangan Alat Pelindung Diri (ADP).

"Gua ingin menggalang dana untuk staf medis yang kekurangan alat-alat medis, masker, hand sanitizer, dan semua yang bisa memprotect mereka dari corona virus," kata Afgan pada video itu, dilihat VIVA pada Rabu, 18 Maret 2020.

Sama seperti Afgan, Atta Halilintar juga membuka donasi melalui kitabisa dan masih dengan misi yang sama, yakni membantu mempersiapkan ADP untuk tim medis. Selain itu donasi yang dikumpulkan Atta nantinya juga akan disumbangkan untuk masyarakat menengah ke bawah.

"Apalagi kalau kita tengok para tenaga medis yang harus bekerja keras menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita yang terinfeksi COVID-19. Belum lagi masyarakat kecil yang gak mungkin bisa kerja di rumah. Seperti pedagang, pengemudi ojek online, dan masih banyak lagi. Walau risiko kerja yang sangat tinggi, mereka tak miliki pilihan Iain. Sebab yang terpenting, keluarga di rumah bisa terus makan," tulis Atta.

Ketika berita ini ditulis, penggalangan dana yang dibuat Afgan sudah berhasil mengumpulkan lebih dari Rp136 juta dan Atta Halilintar telah berhasil mengumpulkan lebih dari Rp60 juta.

Sementara itu, galan dana yang diinisiasi Rachel Vennya kini telah terkumpul lebih dari Rp2,2 Miliar. Selain itu ada juga pengamat musik Adib Hidayat yang juga melakukan penggalangan dana untuk membantu tim medis dalam menangani penyebaran COVID-19, yang saat ini mengumpulkan lebih dari Rp500 juta.