Al Ghazali Rekam Dentuman Diduga Suara Krakatau

Al Ghazali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Amalia Desy

VIVA – Sejumlah dentuman keras terdengar di Jakarta, Bogor, Depok, dan sekitarnya pada Sabtu, dini hari 11 April 2020. Dentuman diyakini warganet berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau di Banten.

Putra Ahmad Dhani, Al Ghazali, turut mendengar dentuman tersebut. Ia bahkan sempat membuat sebuah video yang merekam suara dentuman dan diunggahnya pada Instagram stories.

Pada video singkat itu terdengar tiga kali dentuman. Al memfokuskan videonya ke langit yang sudah gelap. Ia juga menuliskan sebuah pesan agar mengeraskan volume handphone agar dentuman terdengar jelas.

"Suara Krakatau! Kerasin volume anda," tulis Al, Sabtu, 11 April 2020.

"Tuh suaranya, wuh" ucap Al pada video itu.

Tidak hanya Al yang sempat mengabadikan momen itu. Video serupa terkait suara dentuman yang menghebohkan semalam juga banyak diunggah warganet lainnya.

"Suara dentuman nya kedengeran banget sih ini. please stay safe semuanya," tulis salah satu akun Twitter yang mengunggah video dentuman.

Dentuman pun jadi trending topic di Twitter sejak Sabtu dini hari. Belasan ribu orang menggunakan kata ini dalam cuitannya, saat berita ini ditulis, pukul 8:57 WIB.

"Berdo'a yang khusu' semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan jangan menambah kepanikan... Tetap tenang & waspada," komen salah seorang warganet.

"Suara dentumannya sama kaya gua denger tadi," celoteh lainnya.

Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan menyatakan, erupsi terjadi di Gunung Anak Krakatu pada pukul 00:03 dini hari hingga sekitar pukul 5 pagi. 

Namun peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menduga bahwa suara dentuman yang terdengar di Jakarta dan sekitarnya bukan berasal dari erupsi Gunung Anang Krakatau.