4 Idol Asyik Clubbing di Tengah Pendemi Corona, Agensi Minta Maaf

Jungkook BTS, Mingyu Seventeen, Jaehyun NCT dan Cha Eun Woo ASTRO.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Kabar tidak menyenangkan menimpa sejumlah idol di Korea Selatan. Dispatch melaporkan bahwa Jungkook BTS, Mingyu SEVENTEEN, Jaehyun NCT, dan Cha Eun Woo ASTRO telah menghabiskan malam di kawasan Itaewon, Seoul di tengah pandemi virus corona.

Sebagai informasi, Korea Selatan baru-baru ini kembali mengalami lonjakan jumlah kasus COVID-19 setelah seorang pasien dengan virus corona mengunjungi klub-klub di kawasan Itaewon.

Menurut Dispatch, keempat idola itu nongkrong di sebuah restoran dan dua bar di Itaewon dari malam 25 April hingga subuh pada 26 April 2020. Sementara itu, pasien positif corona tersebut mengunjungi klub di daerah itu pada 2 Mei dan dites positif pada 6 Mei 2020.

Setelah kasus yang dikonfirmasi ini diumumkan, Central Disaster and Safety Countermeasures Headquarters (CDSCHQ) meminta siapa pun yang mengunjungi fasilitas hiburan (kategori yang mencakup klub, bar, dan lainnya) di Itaewon antara 24 April dan 6 Mei 2020 untuk tidak meninggalkan rumah mereka.

Dilansir dari Soompi, Senin, 18 Mei 2020, mengikuti laporan Dispatch, masing-masing agensi dari keempat idol tersebut merilis pernyataan resmi yang menyatakan bahwa laporan itu benar dan bahwa semua idol tersebut telah dites COVID-19 dan dinyatakan negatif.

Agensi Jungkook, Big Hit Entertainment mengatakan bahwa pekan lalu, beberapa medi menghubungi mereka untuk menanyakan apakah Jungkook telah mengunjungi kawasan Itaewon

“Kami dengan tulus meminta maaf karena terlambat menyadari bahwa tanggapan agensi terhadap pertanyaan itu bermasalah,” ucap perwakilan Big Hit Entertainment.

“Memang benar bahwa Jungkook pergi ke kawasan Itaewon. Namun, pada saat itu, dia tidak pergi ke tempat yang menjadi masalah karena kasus yang dikonfirmasi pada awal Mei, dan Jungkook berada di Itaewon seminggu sebelum kasus yang dikonfirmasi pertama (kasus pertama terkait dengan rantai infeksi di lingkungan Itaewon),” tambahnya.

Selain itu, untuk mematuhi pedoman pemerintah, Jungkook juga telah mengambil langkah-langkah, seperti melakukan tes COVID-19.

Kemudian, dalam pernyataan itu juga dijelaskan bahwa Jungkook benar mengunjungi sebuah restoran dan bar di lingkungan Itaewon pada tanggal 25 April. Saat ini Jungkook sudah melakukan tes COVID-19 dan dinyatakan negatif. Pihak agensi pun meminta maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran.

“Pada Sabtu malam, 25 April, Jungkook mengunjungi sebuah restoran dan bar di lingkungan Itaewon dengan kenalannya. Dia tidak menunjukkan gejala COVID-19 seperti batuk atau demam setelah ke sana. Dia secara sukarela melakukantes COVID-19 di rumah sakit yang ditunjuk pemerintah dan dinyatakan negatif,” lanjut mereka.

Kemudian, agensi Mingyu, Pledis Entertainment juga merilis pernyataan resmi.

“Pertama, kami sangat meminta maaf karena telah menimbulkan keprihatinan bagi banyak orang dengan laporan mengenai kunjungan artis Pledis Entertainment anggota SEVENTEEN, Mingyu ke lingkungan Itaewon,” kata mereka.

“Mingyu sangat merefleksikan perilakunya yang tidak pantas untuk tidak mematuhi pedoman sosial selama periode jarak sosial (social distancing) dari pemerintah,” tambah mereka.

Pihak agensi juga menjelaskan bahwa Mingyu telah melakukan tes COVID-19 dan dinyatakan negatif. Pihak agensi pun meminta maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran.

Agensi Cha Eun Woo, Fantagio juga membagikan pernyataan serupa. Pihak agensi membenarkan bahwa Cha Eun Woo pergi ke kawasan Itaewon pada tanggal 25 April 2020. Cha Eun Woo pun sudah menjalani tes COVID-19 dan hasilnya negatif. Pihak agensi pun meminta maaf.

“Kami telah mengkonfirmasi bahwa Cha Eun Woo pergi ke lingkungan Itaewon pada tanggal 25 April. Kami meminta maaf karena dia tidak mengikuti pedoman jarak sosial dan menyebabkan kekhawatiran karena manajemen kami yang ceroboh,” ujar mereka.

“Tidak peduli alasannya, itu adalah tindakan tanpa pertimbangan bagi artis kami Cha Eun Woo untuk mengunjungi daerah Itaewon ketika seluruh negara mempraktikkan jarak sosial (social distancing), dan artis itu sendiri sangat merenungkan tentang tidak dengan setia berkontribusi pada upaya jarak sosial.”

Senada, agensi Jaehyun, SM Entertainment pun meminta maaf kepada publik. Mereka meminta maaf karena menimbulkan kekhawatiran pada saat banyak orang berjuang karena COVID-19.

“Pada 25 April, Jaehyun mengunjungi sebuah restoran dan bar di lingkungan Itaewon, tetapi ia tidak pergi ke klub tertentu yang menjadi masalah, dan (kunjungan Jaehyun ke lingkungan) berlangsung tujuh hari sebelum kasus yang dikonfirmasi,” jelas mereka.

Dalam pernyataan itu juga dijelaskan bahwa meski tidak menunjukan gejala, namun Jaehyun sudah melakukan tes COVID-19 dan hasilnya negatif.

“Jaehyun sangat merenungkan fakta bahwa dia tidak berhati-hati selama periode jarak sosial ketika semua orang harus menahan diri dari pertemuan sehari-hari,” ucap agensi.

“Kami juga sangat meminta maaf karena gagal membimbing dan mengelola artis kami untuk memastikan bahwa ia dengan cermat mengikuti protokol jarak sosial selama menjalankan waktu pribadinya,” tutup mereka.