Sutradara Batman, Joel Schumacher Tutup Usia

Joel Schumacher
Sumber :
  • WireImage

VIVA – Sutradara film yang dikenalnya lewat karyanya seperti The Lost Boys dan beberapa film Batman di tahun 90-an, Joel Schumacher meninggal dunia di usia 80 tahun.

Menurut laporan Variety, sutradara itu meninggal di New York setelah perjuangan panjang melawan kanker.

Joel juga dikenal sebagai sutradara yang menghasilkan film St. Elmo's Fire dan Flatliners. Dia sudah bekerja sama dengan aktor-aktor ternama seperti Val Kilmer, Jim Carey, dan Nicole Kidman di film Batman Forever di tahun 1995. Film itu meraup keuntungan kotor hingga USD300 juta dari seluruh dunia.

Dilansir laman Mirror, kesuksesan film Batman itu diikuti dengan seri Batman selanjutnya di tahun 1997, Batman & Robin yang dibintangi George Clooney sebagai pemeran utama dan Arnold Schwarzenegger sebagai penjahat Mr Freeze.

Tidak seperti pendahulunya, sekuel Batman besutan Schumacher tidak populer di kalangan pengkritik dan gagal masuk ke dalam box office.

"Dengar, aku minta maaf. Aku ingin meminta maaf kepada setiap penggemar yang kecewa karena aku merasa aku berutang itu kepada mereka," ujar Schumacher di tahun 2017.

Setelah film-film Batman, Schumacher mundur dari dari blockbuster dan kembali memproduksi film-film minimalis, seperti Phone Booth dengan Colin Farrell di tahun 2002.

Schumacher memiliki reputasi mengajak aktor-aktor permulaan yang besar di industri film. Ia bekerja sama dengan aktor seperti Colin Farrell, Matthew McConaughey dan Keifer Sutherland di awal karier mereka.

Saat mengerjakan The Lost Boys, Schumacher dan casting director Marion Dougherty bertemu dengan banyak kandidat yang sebagian besar memiliki sedikit hingga tidak punya pengalaman sama sekali saat dipanggil untuk pekerjaan itu.

Schumacher kemudian menyebutnya sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. "Merekalah yang membuat filmnya," ujarnya.

Schumacher juga menyutradarai beberapa video musik meliputi lagu Kiss from a Rose milik Seal yang merajai tangga lagu. Di tahun 2004, dia menyutradarai dan bekerja sebagai produser musik eksekutif dalam film adaptasi dari musikal karya Andrew Lloyd, The Phantom of the Opera.

Film itu diumumkan pertama kali di tahun 1989 tapi produksinya tidak dimulai hingga tahun 2002 karena karier Schumacher yang sibuk. Meski mendapat ulasan beragam, film itu dinominasikan ke tiga Piala Oscars dan tiga Golden Globe.