Cerita Jedar Sulitnya Lahirkan El Barack karena Idap APS

Jessica Iskandar
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Jessica Iskandar saat ini tengah mengidap sakit takikardia. Karena kondisinya itu, ia mudah berkeringat dan jantung berdetak kencang. Hal ini dikarenakan kadar yodiumnya sangat tinggi sehingga tiroidnya membengkak.

Namun sebelumnya, ternyata Jedar juga pernah didiagnosis mengalami APS (Antiphospholipid antibody syndrome). Saat itu dia hendak melahirkan putra semata wayangnya, El Barack Alexander di Amerika pada tahun 2014 silam.

Baca juga: Jedar Idap Takikardia, Inikah Penyebab Richard Kyle Unfollow?

Jedar mengisahkan bagaimana pilunya perjuangan dia melahirkan El Barack. Dia menceritakannya lewat kanal YouTube Melaney Ricardo, dia menjelaskan bagaimana mulai dari proses melahirkan hingga pembatalan nikah oleh suaminya, Ludwig Franz Willibald.

"Itu ngelahirinnya bisa dibilang prosesnya berat banget. Kan aku harus diam di rumah saat itu juga, aku masih belum berasa mau ngelahirin," kata Jedar.

Jessica Iskandar terpaksa menetap di rumah sakit lebih awal karena APS sindrom. Tanpa ditemani Ludwig Franz, berjuang seorang diri dengan bantuan tim medis.

"Jadi aku enggak ada kontraksi, jadi dari segala cara dokter ngelakuin dari mulai masukin balon, terus kasih obat-obatan, di infus biar aku kontraksi, jadi itu selama tiga hari aku di induksi," kenang Jessica.

APS sindrom merupakan gangguan pada sistem pembekuan darah yang dapat menyebabkan trombosis di arteri dan vena, serta dapat menyebabkan gangguan kehamilan yang berujung keguguran.

"Mules tahu? Tapi mulesnya sampai ke ulu hati, tiga hari itu bayi enggak keluar-keluar. Terus sudah tuh tiga hari akhirnya ada lah bukaan-bukaan, ngelahirin. Ngelahirinnya juga enggak sebentar, dari jam 3 sampai jam 8 malam itu aku ngeden sampai ganti bidan, kan di Amerika ada shift, aku itu sudah mulai dari nungging, miring, terus sampai tarik pakai sprei, enggak bisa keluar juga," tuturnya.

Baca juga: Jessica Iskandar dan Richard Kyle Saling Unfollow Instagram, Putus?

Jedar bersyukur, El Barack yang lahir pada 21 Juli 2014 lalu tumbuh besar menjadi anak yang baik dan semakin pintar. Putra bernama lengkap El Barack Alexander itu lahir di Amerika Serikat.

Hubungan Jessica Iskandar dan Ludwig Franz Willibald memang tak banyak yang tahu. Mereka dikabarkan menikah diam-diam pada 2013 silam. Ludwig Franz yang merupakan putra mahkota kerajaan Jerman mengajukan pembatalan pernikahan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.