Jo Kwon 2AM Mengaku Genderless Alias Tak Punya Jenis Kelamin

Jo Kwon 2AM.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Personel 2AM, Jo Kwon mengungkapkan identitas gender pribadinya baru-baru ini dalam sebuah wawancara. Jo Kwon mengaku dirinya seseorang yang genderless (tanpa gender) atau netral. Dia juga mengaku tidak mampu mencurahkan seluruh isi hatinya untuk waktu yang lama.

"Genderless adalah senjata saya. Dulu, saya takut memiliki citra netral. Jika orang mengatakan saya terlihat seperti seorang gadis, saya akan berpura-pura itu tidak benar. Tapi sekarang, saya baik-baik saja dengan itu. Jika orang-orang  bilang aku terlihat seperti Choi Ji Woo atau Taeyeon, aku juga baik-baik saja dengan itu," kata dia seperti dikutip dari laman Koreaboo, Jumat, 31 Juli 2020.

Jo Kwon juga menambahkan bahwa ia siap untuk menerima dirinya apa adanya.

"Saya memiliki senjata yang akan membantu saya terus berjalan untuk waktu yang lama, menjelang era tanpa gender, "kata Jo Kwon 

Saat ini, Jo Kwon yang terlibat dalam Jamie Musical dan berperan sebagai Drag King, mengaku bahwa dia telah menerima begitu banyak kritik atas perannya itu. Meski demikian, Kwon menjelaskan bahwa dia telah bereksperimen dengan konsep gaya drag sejak 2012, ketika dia merilis lagu album solo Animal.

"Ada waria dalam musikal. Ada anak laki-laki yang lebih seperti perempuan, ada perempuan yang lebih perempuan. Ada laki-laki yang juga tertarik pada kecantikan, dan seiring berjalannya waktu, sepertinya Jamie akan diterima  oleh semakin banyak penonton dengan pikiran terbuka, "kata dia.

Selain itu, dalam sesi wawancara itu, Jo Kwon juga berbicara tentang bagaimana CEO Big Hit Entertaiment, Bang Si Hyuk mendukung ide-ide pribadi tentang konsepnya di atas panggung. Sebagai informasi, pada 2012 lalu, dia menandatangani kontrak dengan Big Hit sebagai solois.

"Bang Si Hyuk bertanya kepada saya apakah saya ingin sesuatu yang komersial atau ingin melakukan konsep yang ingin saya lakukan. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya ingin melakukan apa yang saya inginkan, seperti Lady Gaga,” ucapya.

“Bang Si Hyuk lalu berkata ‘Kwon-ah, dengarkan hyung-mu.  Jika Anda mencoba melempar curveball (konsep drag) ke dalam still lake, masih akan ada dampak. Tapi itu akan memakan waktu lama. Tapi Bang Si Hyuk membelikanku sepatu hak tinggi pertamaku, " kata dia. 

Selain mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan CEO Big Hit, Jo Kwon juga mengucapkan terima kasih kepada BTS dan J-Hope karena tampil di Animal dan menyatakan betapa bangganya dia, melihat dunia berubah sedikit demi sedikit.

"Tentu saja, saya mendapat banyak manfaat dari BTS. Tapi saya juga senang Animal semakin dikenal sebagai konsep ini. Saya pikir pandangan negara kita tentang ini semakin mendapat perhatian, dan itu saya ubah sedikit demi sedikit,” ujarnya.

“Saya merasa sangat bangga ketika mendengar komentar seperti 'Saya senang saya hidup di era yang sama dengan Jo Kwon,' atau 'Saya senang melihat Jo Kwon sebagai Jamie, " jelas dia.

Dalam wawancara itu, Jo Kwon juga mengungkapkan bahwa sang ibu mendukungnya, dan pergi menyaksikan pertunjukkan musikalnya. 

"Ibuku diam-diam mendukungku. Dia datang untuk melihat penampilan pertamaku, sebagai Jamie, dan matanya bengkak setelah menontonnya. Dia sedih mulai dari adegan pertama, dan setelah Jamie berubah menjadi Nanana, dia bilang dia patah hati setelah para siswa berteriak ‘Kacau’," kata Jo Kwon.