Selain Oh In Hye, 5 Artis Korea Ini Pilih Akhiri Hidupnya Sendiri

Goo Hara.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Senin malam waktu Korea, aktris Oh In Hye meninggal dunia diduga akibat bunuh diri. Kabar meninggalnya aktris 36 tahun ini dikonfirmasi oleh seorang kenalan Oh In Hye. 

"Saya berharap dia bisa mengatasi krisis ini.  Tapi pada akhirnya, dia tidak pernah bisa sadar kembali," kata seorang kenalan Oh In Hye seperti dilansir dari laman Koreaboo. 

Oh In Hye diketahui membuat keputusan ekstrem untuk mengakhiri hidupnya Senin kemarin. Seorang kenalan menemukannya tidak sadarkan diri di rumahnya, dan segera menghubungi layanan gawat darurat. 

Baca juga: Oh In Hye Diduga Bunuh Diri, Polisi Cerita Kronologinya

Kondisi denyut nadi dan napas Oh In Hye sempat kembali normal saat dilarikan ke rumah sakit terdekat. Namun, tak lama tubuh Oh In Hye tidak mampu mengatasi kondisinya, jantungnya berhenti berdetak pada sore hari, dan dinyatakan meninggal dunia.   

Bukan hanya Oh In Hye yang memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Sejumlah artis Korea berikut ini juga memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Siapa saja? Berikut ini rangkumannya.

1. Jang Ja Yeon

Jang Ja Yeon yang populer lewat drama Boys Over Flower ini meninggal dunia pada 2009 karena bunuh diri. Pada tahun 2019 lalu terungkap bahwa, Jang Ja Yeon meninggalkan surat panjang yang berisi pengakuan tentang pelecehan seksual yang dialaminya kala itu.

Dalam suratnya tersebut, Jang Ja Yeon mengaku dipaksa untuk melayani nafsu seksual sejumlah orang penting di dunia bisnis hiburan dan media Korea Selatan. Dokumen pengakuan 7 halaman yang memuat 31 nama para petinggi media, bos, dan pelaku industri hiburan yang terlibat dalam pelecehan seksual terhadapnya.

Dalam surat tersebut, Jang Ja Yeon menjelaskan, dia sampai dipukuli oleh managernya sendiri, Kim Sung Hoon, dan dipaksa untuk menghibur dan melayani nafsu seks orang-orang tersebut.

Baca juga: Keren, 5 Zodiak Ini Tetap Tenang dan Relaks Saat Hadapi Stres

2. Jonghyun SHINee

Pada Desember 2017 industri hiburan Korea Selatan harus rela kehilangan musisi terbaiknya. Ia adalah salah satu personel boyband populer SHINee, Jonghyun. Jonghyun meninggal karena bunuh diri dengan cara menghirup asap lewat briket batu bara yang ia bakar dalam penggorengan.

Kejadian tragis tersebut terjadi di apartemen miliknya pada malam hari, 18 Desember 2017. Kematian Jonghyun yang secara mendadak tentu membuat gempar  dunia saat itu. Bahkan berita kematian Jonghyun menjadi topik utama di tayangan berita di banyak negara di seluruh dunia.

3. Choi Jinri atau Sulli

Sulli, yang memiliki nama asli Choi Jin-ri, ditemukan tewas di kediamannya pada 14 Oktober sekitar pukul 15.21 waktu setempat oleh managernya yang mengunjunginya. Setelah sang manajer khawatir karena dia tidak dapat menghubungi Sulli itu setelah percakapan telepon terakhir mereka malam sebelumnya.

Sebelumnya pada waktu ditemukan Sulli sudah tidak bernyawa, polisi mencurigai bahwa penyanyi itu mungkin meninggal karena bunuh diri.  

"Choi sepertinya tinggal sendirian di rumah. Sepertinya dia mengambil nyawanya sendiri," kata seorang pejabat polisi saat itu.

Dua bulan berlalu, tepatnya Desember 2019 kantor polisi Distrik Gyeonggi Seongnam Seoul mengumumkan hasil otopsi atas kematian Sulli yang ditemukan tewas di rumahnya pada Oktober 2019 lalu. 

Dari hasil otopsi tersebut diketahui bahwa kematian Sulli tidak ada kaitannya dengan dugaan pembunuhan atau konsumsi obat terlarang. Kantor Polisi Distrik Gyeonggi Seongnam Seoul mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kematian penyanyi itu terjadi beberapa jam sebelum tengah malam sebelum kasus itu dilaporkan keesokan paginya. 

Menurut laporan Kpop Starz pemeriksaan toksikologi terhadap Sulli juga tidak menemukan hal yang janggal. Kasus ini diperkirakan akan berakhir setelah hasil otopsi telah diajukan.

4. Goo Hara

Goo Hara yang merupakan sahabat dari mendiang Sulli juga meninggal akibat bunuh diri pada November 2019 lalu. berdasarkan informasi dari Departemen Kepolisian Gangnam yang dilansir dari Koreaboo, Goo Hara meninggal dunia pada pukul 6 sore waktu setempat. Namun belum jelas penyebab kematiannya. 

"Kami menerima laporan dan sedang dalam penyelidikan. Detailnya belum bisa diungkapkan," kata perwakilan polisi Gangnam seperti dilansir dari Xsport News.

Sebelumnya, Goo Hara juga pernah mencoba bunuh diri pada bulan Mei 2019. Goo Hara  selamat karena sang manajer langsung mengakhiri aksi gilanya itu.

5. Cha In Ha

Aktor muda Korea yang dikenal lewat perannya dalam The Banker dan Miss Independent Ji Eun 2, Cha In Ha meninggal dunia pada Desember 2019 lalu. 

Pada Selasa, 2 Desember lalu, polisi Korea Selatan mengatakan kepada media setempat bahwa tubuh aktor muda itu ditemukan oleh manajernya di rumahnya.  Polisi saat ini sedang menyelidiki detail, tetapi hingga kini masih belum terungkap sebab meninggalnya aktor tersebut. 

Pada hari kepergiannya, Cha In Ha sempat memposting serangkaian foto dirinya, duduk santai mengenakan jaket kulit. Foto itu sempat diunggahnya di Instagram. Ia berpose dengan mug putih di tangannya saat dia melihat ke bawah ke arah ponsel pintar.  

"Semua orang memperhatikan saya," tulisnya dalam unggahan tersebut.

Jika Kamu butuh bantuan konsultasi untuk mengatasi masalah depresi atau Kamu melihat orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri bisa menghubungi nomor darurat Kementerian Kesehatan di 119.
 

Jika Kamu butuh bantuan konsultasi untuk mengatasi masalah depresi atau Kamu melihat orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri bisa menghubungi nomor darurat Kementerian Kesehatan di 119