5 Artis Korea Ini Kariernya Hancur Gegara Skandal Besar

Uhm Tae Woong.
Sumber :

VIVA – Meski ada banyak idola K-Pop yang imejnya menjadi buruk karena skandal besar, tak sedikit juga artis Korea yang mengalami hal serupa. Beragam skandal pun merenggut karier para aktor dan aktris tersebut di dunia hiburan.

Deretan selebriti tak lepas dari banyaknya skandal yang menjerat hingga memicu kariernya yang merosot tajam. Berikut adalah daftar lima aktor Korea yang citranya menjadi buruk karena skandal besar dikutip dari laman Koreaboo, Rabu, 23 September 2020.

Baca Juga: Ngeri, BTS Bakal Jadi Pembicara Khusus di Sidang Umum PBB

1. Lee Seo Won

Karier Lee Seo Won berubah tiba-tiba ketika terungkap bahwa dia telah melakukan pelecehan seksual dan mengancam seorang selebriti wanita ketika sedang mabuk. Tidak lama setelah terungkap, Lee Seo Won mengaku bersalah atas kejahatannya.

Citranya langsung memburuk dan ia tak lagi tampil di beberapa adegan atau pun acara di kancah hiburan.

2. Han Ji Sun

Han Ji Sun menghadapi reaksi keras dari netizen ketika terungkap saat dia mabuk dan menyerang pengemudi taksi secara fisik. Dilaporkan bahwa dia bahkan memukul kepala supir taksi dengan termos.

Bahkan ketika dia dibawa ke kantor polisi, dia masih bertindak kasar, seperti menampar, menggigit dan menendang seorang petugas polisi. Sejak kejadian ini, Han Ji Sun tidak lagi terlibat dalam K-Drama atau film apa pun.

3. Son Seung Won

Pada 2019, Son Seung Won dijatuhi hukuman 18 bulan penjara karena mengemudi di bawah pengaruh alkohol, tanpa SIM, dan melarikan diri dari tempat kejadian. Terungkap juga bahwa dia telah menabrak mobil saat mengemudi, yang akhirnya memicu dua orang dilarikan ke rumah sakit dengan luka ringan.

Setelah dibebaskan dari penjara, ia tampil pertama kali dengan mengunggah di akun Instagram miliknya. Alih-alih disambut, banyak netizen yang meninggalkan komentar pedas kepadanya, mengkritiknya atas tindakannya dan berani kembali ke media sosial.

4. Jang Mi In Ae

Jang Mi In Ae mendapat kecaman ketika dia menunjukkan rasa kesalnya atas kebijakan dukungan bencana mendesak Presiden Moon Jae In yang akan membantu memberikan bantuan keuangan kepada keluarga berpenghasilan rendah.

"Ini sangat menyebalkan. Korea tidak punya uang sebanyak itu. Anda juga memberikan tanah kami kepada orang lain, bukan? Apakah Anda benar-benar pemerintah yang menyelamatkan warga? Berapa nilai 1 juta Won itu? Setiap kali saya melihat berita, saya menjadi gila karena marah," ungkapnya.

Setelah dia membuat pernyataan ini, dia menghadapi reaksi keras dari netizen. Namun, dia tidak mundur dari pernyataannya dan mengumumkan bahwa dia akan pensiun sebagai aktris.

"Mengingat seluruh dunia sedang mengalami krisis ini, mengapa orang Korea tiba-tiba mengalami kesulitan? Saya tidak mengerti mengapa mereka tiba-tiba memberikan dukungan untuk warga dari uang pembayar pajak, padahal itu tidak akan membuat perbedaan,” ujarnya.

“Setelah ini, pajak akan naik begitu saja, dan saya tidak bisa menahan rasa frustrasi untuk diri saya sendiri, itulah sebabnya saya mengunggah ini. Saya tidak mengerti mengapa Korea melakukan ini menjelang pemilihan umum. Saya hanya akan pergi sesuai keinginan saya. Saya tidak tahu komentar politik bisa begitu sensitif dan seberapa besar kebencian yang bisa saya dapatkan sebagai hasilnya,” tambahnya.

Ia pun masih melanjutkan kemarahannya.

“Aku muak dengan ini. Dan bagi mereka yang bertanya apakah saya menyumbang, saya lakukan sebanyak yang saya bisa. Saya telah berdonasi sebanyak yang saya bisa berikan untuk keuangan saya. Saya merasa bodoh karena mengkhawatirkan sesama warga saya. Saya tidak akan lagi aktif di Korea sebagai aktris," kata dia.

5. Uhm Tae Woong

Pada 2016, Uhm Tae Woong digugat karena melakukan pelecehan seksual terhadap seorang karyawan wanita di panti pijat. Sementara dia dinyatakan tidak bersalah atas kekerasan seksual, namun aktor itu dinyatakan bersalah melakukan prostitusi ketika pengadilan memutuskan bahwa panti pijat adalah fasilitas ilegal.

Setelah insiden itu, Uhm Tae Woong dilarang tampil di beberapa acara di Korea.