4 Idol Kpop ini Dapat Kritikan Pedas Akibat Skandal Menghebohkan

Foto Mina (kanan), dan Jimin (kiri) eks member AOA
Sumber :
  • vstory

VIVA – Beberapa waktu belakangan ini, publik dihebohkan dengan sejumlah skandal yang dialami oleh idol grup K-Pop. Sebut saja skandal bullying yang menimpa mantan member AOA, Kwon Mina beberapa waktu lalu. 

Bukan hanya itu, sejumlah skandal juga sempat menimpa beberapa idol grup di Korea Selatan. Skandal adalah salah satu hal terburuk yang dapat dialami grup K-Pop, karena netizen dengan cepat mengkritik para idol ketika mereka terlibat di dalamnya yang secara tidak langsung berpengaruh pada kariernya. 

Berikut ini daftar 4 grup K-Pop yang mendapat kritik pedas dari netizen karena skandal yang dilansir dari laman Koreaboo.

Baca juga: Waspada Mom, Kematian Anak karena COVID-19 di Indonesia Tinggi

1. A.KOR

 A.KOR adalah idol grup wanita yang memulai debutnya pada 2014, dan langsung menuai kritik. Tidak lama setelah debut mereka, salah satu member idol ini, Kemy merilis lagu yang menyerang Park Bom. 

Saat itu, Park Bom menjadi headline karena menyelundupkan tablet amfetamin dari Amerika Serikat. Meskipun amfetamin legal di Amerika Serikat, namun tidak di Korea Selatan. Park Bom memberikan bukti medis yang menunjukkan riwayatnya dengan resep obat, dia masih menerima reaksi keras dari netizen.

Saat Park Bom tersandung kasus inu, Kemy merilis lagu yang mengatakan bahwa dia lepas kendali karena dia adalah seorang artis dari YG Entertainment, dan banyak hal lainnya. Alhasil hal tersebut tidak berakhir baik untuk Kemy atau A.KOR, karena banyak netizen yang mengkritik mereka untuk hal itu.

Baca juga: Tak Kalah Bahaya, TBC Perlu Penanganan Serius di Tengah Pandemi

2. T-ara

Pada 2012, beberapa rumor mulai menyebar bahwa mantan anggota T-ara Hwayoung diintimidasi oleh beberapa anggota T-ara selama dia berada di grup.

Beberapa netizen kemudian mulai mengumpulkan “bukti” tersebut, seperti saat Eunjung “memaksa” menyuapi Hwayoung dengan kue beras.

Sementara anggota T-ara mencoba menjelaskan banyak hal, namun hal itu menjadi sia-sia, karena netizen mengkritik keras para member.  Setelah skandal ini, citra T-ara tidak pernah pulih.

Orang-orang kemudian akan keluar dan mengungkapkan bahwa rumor penindasan ini salah dan bahwa Hwayoung sebenarnya adalah pengganggu di grup.

3. GLAM

GLAM adalah grup wanita yang memulai debutnya di bawah Big Hit Entertainment pada 2012. Namun, grup tersebut mengalami banyak kontroversi, salah satu yang terbesar adalah ketika Dahee dinyatakan bersalah karena memeras aktor Lee Byung Hun.

Dahee kemudian dijatuhi hukuman satu tahun penjara, dan citra GLAM terpengaruh karena hal itu.  Tak lama setelah Dahee divonis hukuman penjara, GLAM bubar.

4. AOA

Pada 2020, mantan anggota AOA Mina mengungkapkan bahwa Jimin telah membully-nya selama mereka bersama di grup.

Akibat kasus itu, akhirnya memutuskan Jimin untuk pensiun dari industri hiburan, karena citranya yang telah dicap buruk masyarakat Korea. Setelah skandal ini, AOA juga menerima reaksi lainnya, sehingga mereka harus membatalkan sejumlah jadwalnya.

Mina juga menyatakan bahwa anggota AOA lainnya hanya menyaksikan penindasan yang dilakukan Jimin kepadanya, dan ini menyebabkan beberapa anggota AOA lainnya juga dikritik oleh netizen.