Ngeri, Harga Ikan Laut Peliharaan Inul Daratista Sampai Puluhan Juta

Inul Daratista.
Sumber :
  • Instagram.com/@inul.d

VIVA – Sosok pedangdut kenamaan Inul Daratista dikenal sukses dan bergelimang harta. Selain punya rumah mewah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, dia juga punya segudang bisnis.

Namun, meski tajir melintir, bukan berarti Inul selalu tampil sempurna, baik dalam hal fisik maupun lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini terungkap ketika Irfan Hakim, artis penyayang dan pecinta satwa menyambangi rumah istri Adam Suseno itu.

Baca Juga: Jika Berjodoh, Inul Daratista Titip Pesan untuk Lesti dan Rizky Billar

Tak segan-segan, Irfan meledek Inul karena punya kolam ikan yang kotor. Padahal Inul kaya raya dan punya banyak karyawan yang harusnya rajin membersihkan kolam.

Dalam vlog-nya di DeHakims, Irfan Hakim salut memandangi akuarium air laut milik Inul. Ada ikan nemo beserta anemon di akuarium air laut. Meski demikian, Irfan sempat kaget karena air kolamnya keruh.

"Yang paling bagus itu akuarium lautnya. Itu udah lama ya mbak?" tanya Irfan Hakim dalam vlog berjudul Aquarium Air Laut dan Kolam Ikan Inul Daratista Kok Kaya Gini Yaa.... Katanya Orang Kaya yang diunggah baru-baru ini.

"Udah dari pertama beli rumah ini. Sudah 17 tahun," jawab Inul Daratista.

"Suka diganti enggak airnya?" tanya Irfan lagi.

"Seminggu dua kali (ganti air). Air laut kan," sahut Inul.

Diakui Irfan Hakim, akuarium air laut memang harus mendapat perawatan ekstra. Hal tersebut disetujui oleh Inul yang belasan tahun merawat ikan di akuarium air laut.

"Perawatannya repot. Terus karang-karangnya itu harus hidup. Jadi kalau ada yang mati itu ngeracunin yang lain," ungkap Inul menjelaskan.

"Jadi secara berkala diganti dan dirawat?" ucap Irfan Hakim.

"Iya. Jadi tiga hari sekali itu dilihatin. Kalau terumbu karangnya kira-kira ada yang mau mati, itu diganti," kata Inul menimpali.

Demi merawat akuarium air lautnya, Inul Daratista rutin membayar orang untuk mengerjakan dan membersihkannya.

Tak tanggung-tanggung, pelantun Kocok-kocok itu menggelontorkan biaya mulai Rp10 juta sampai Rp 5 juta untuk perawatan akuarium air laut. Tentunya uang itu di luar jasa si karyawan.

"Berapa kira-kira sebulan mbak (perawatan akuarium air laut) di luar gaji orangnya?" tanya Irfan Hakim.

"Kadang-kadang Rp15 juta, kadang Rp10 juta. Lihat ikannya. Ikannya kan mahal-mahal. Ada yang Rp5 juta, Rp3 juta, Rp12 juta," jawab Inul.

Ternyata sang suami, Adam Suseno pernah membeli ikan senilai Rp20 juta. Sayangnya, ikan tersebut telah mati.

Sebelum menyoroti soal akuarium air laut, Irfan Hakim tampak memerhatikan kolam ikan Inul. Irfan kaget karena kolamnya tak terawat, kotor dan keruh.

"Guys, orang kaya kolamnya kotor banget. Hijau banget (airnya)," sindir Irfan.

"Konsep kali," kata cameraman.

"Enggak, enggak ada konsep hijau. Ini kalau bening, kalau jernih bagus banget. Berarti ini yang salah adalah di filternya," tutur Irfan.

"Itu kolam sayang banget, keruh gitu. Filternya kurang gede itu," ucap Irfan melanjutkan kepada Inul.

"Iya," jawab Inul Daratista singkat.

"Kalau itu jernih, pasti lebih bagus lagi," kata Irfan lagi.

"Orang kaya, pelihara kura-kura air Brazil, ditempatinnya lihat deh. Genjolan (di dalam ember) doang," celetuk Irfan Hakim.