Heboh, Tesis Penyanyi Hong Jin Young Diduga Plagiarisme

Hong Jin Young.
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Penyanyi Korea Selatan, Hong Jin Young, yang terkenal dengan partisipasinya dalam proyek girl grup Unnies for Sisters ’Slam Dunk, dicurigai melakukan plagiarisme. Tesis magisternya baru-baru ini terungkap memiliki lebih dari 70 persen konten plagiarisme, menurut hasil tes.

Umumnya, persentase konten plagiarisme dalam tugas akhir mahasiwa yang ditolerir berkisar antara 15-25 persen, untuk bisa lulus. Demikian dilansir dari laman Koreaboo, Jumat, 6 November 2020.

Baca Juga: Ayah Salahkan Song Joong Ki Atas Perceraiannya dengan Song Hye Kyo

Pada 5 November 2020, terungkap bahwa tesisnya telah melampaui batas normal untuk plagiarisme. Tesis yang ditulis pada tahun 2009 oleh Hong Jin Young, membahas tentang budaya dan konten Hallyu atau Korean Wave,

Tesis tersebut kemudian dites melalui Copy Killer, perangkat lunak online untuk menguji plagiarisme. Terungkap bahwa tesisnya berisi total 556 kalimat, 124 di antaranya langsung disalin kata demi kata dari 6 referensi lainnya. 365 kalimat lainnya telah disorot sebagai plagiarisme tidak langsung.

Hong Jin Young dianugerahi gelar Master pada tahun 2009 setelah menyerahkan tesisnya. Karena dia telah menerima gelar itu pada bulan April tahun itu, saat memulai debutnya hanya dua bulan kemudian sebagai penyanyi trot, warganet berspekulasi bahwa dia menjalani pelatihan dan periode tesisnya pada saat yang bersamaan.

Keaslian tesis dan gelarnya kemudian diragukan, mengingat bahwa dia mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk menjalani keduanya. Warganet juga semakin curiga mengingat ayahnya merupakan seorang profesor di universitas yang sama tempatnya berkuliah S2.

Meski begitu, agensi Hong Jin Young telah membantah klaim plagiarisme dan telah mengontak profesor yang bertanggung jawab atas hal ini. Namun, profesor tersebut telah meninggalkan pekerjaannya dan tidak dapat dihubungi.