Heboh Aplikasi Clubhouse, Tuai Pro-Kontra dari Selebriti Korea

Aplikasi media sosial Clubhouse
Sumber :
  • Businessinsider

VIVA – Aplikasi Clubhouse yang tengah ramai dibicarakan, turut mendapat respons dari para selebriti Korea Selatan. Mereka dengan cepat mengikuti tren bersosialisasi dengan berkenalan antar selebriti dan penggemar melalui media sosial ini. 

Dikembangkan oleh startup yang berbasis di California, AS, Alpha Exploration, Clubhouse merupakan aplikasi jejaring sosial berbasis audio atau suara. 

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan streaming audio, panggilan telepon, hingga membuat acara dengan topik khusus yang dikemas dalam bentuk podcast.

Beberapa selebriti Korea turut menggunakan platform baru ini untuk berkomunikasi dengan penggemar. Salah satunya adalah penyanyi Horan dari band eksperimental Clazziquai Project. Seperti apa tanggapan mereka, simak terus artikel ini dari halaman 1-3.

Baru-baru ini, dia membuka ruang obrolan bernama 'lullaby' di aplikasi tersebut untuk berkomunikasi dengan para penggemarnya. Selain Horan, penyanyi rap Mino dari boyband Winner, Swings, dan aktris Gong Hyo-jin, juga turut memanfaatkan Clubhouse untuk ngobrol dengan kenalan dan para penggemarnya. 

"Saya tidak memiliki keberanian mengangkat tangan dan berbicara di peron, tapi senang mendengar percakapan Gong Hyo-jin dengan kenalan dan penggemarnya. Saya merasa seperti berada di pertemuan penggemar," kata seorang warganet dalam sebuah unggahan blog, dilansir Korea Herald, Rabu 17 Februari 2021. 

Meski demikian, beberapa bintang Korea turut mengkritik beberapa fitur yang ada di Clubhouse, termasuk sistem khusus undangan. Salah satu yang kontra dengan hadirnya aplikasi ini adalah penyanyi rap, Din Din. 

"Kudengar undangan itu dijual dengan harga 10.000 won hingga 20.000 won. Ini mengingatkan saya pada orang-orang yang mencoba memasuki pesta kerajaan di Abad Pertengahan. Kita hidup di abad berapa?" kata dia, berbicara di acara radionya Music High dari SBS. Berikutnya aktor Kim Ji-hoon juga ikut berkomentar.

Din Din menambahkan, percakapan di aplikasi Clubhouse juga tampak satu arah di beberapa ruang obrolan grup tempat dia berada.

Sementara itu, aktor Kim Ji-hoon juga ikut mengomentari aplikasi ini. Melalui unggahan di Instagram, dia merasa tidak yakin untuk menggunakan platform tersebut. 

Menurut Kim, Clubhouse tampaknya telah memengaruhi harga diri orang-orang, dengan membuat mereka merasa kehilangan sesuatu yang penting jika tidak mendapatkan undangan.