Kalina-Vicky Batal Nikah, Psikolog Nilai Ada Konflik Keluarga

Kalina Oktarani dan Vicky Prasetyo
Sumber :
  • Tangkapan layar @dapurbincangonline

VIVA – Kalina Oktarani dan Vicky Prasetyo memberi kabar mengejutkan lantaran batal melangsungkan acara pernikahan menjelang dua hari sesi akad. Mantan istri Deddy Corbuzier itu menyebut ada kendala yang membuat keduanya batal melaksanakan hari bahagia itu.

Kalina menepis bahwa kendala dalam jalannya proses pernikahan terjadi akibat ulah mantan suami Angel Lelga. Janda satu anak itu menegaskan, kendala terjadi lantaran ada berkah yang belum lengkap.

"Saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada mas Vicky dan keluarga besarnya. Pernikahan pada 21.02.2021 tidak terlaksana bukan karena kesalahan mas Vicky. Tapi, karena adanya masalah berkas-berkas persyaratan nikah di KUA Gunung Putri yang belum terselesaikan dari pihak saya," kata Kalina.

Salah satu pemicu pemenuhan berkah yang belum lengkap itu lantaran tandatangan sang ayah belum didapatkan oleh Kalina. Sebab, sang ayah tengah menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

Di sisi lain, pakar menilai penundaan atau pembatalan pernikahan itu disebabkan oleh banyak faktor. Secara umum, masalah yang kerap menerpa pasangan yang hendak menikah bisa menyangkut prinsip masing-masing pihak.

"Biasanya karena mengalami masalah yang cukup serius atau menyangkut prinsip-prinsip masing-masing pasangan, yang tidak bisa ditemukan jalan keluarnya," ujar  Psikolog Klinis Dewasa, Hersa Aranti Psi., kepada VIVA, Minggu, 21 Februari 2021.

Senada, Psikolog Keluarga, Sani Budiantini Psi., menilai bahwa proses pernikahan yang tertunda atau dibatalkan lantaran dua faktor pemicu yakni internal dan eksternal. Hal itu termasuk masalah dalam komunikasi antar kedua calon mempelai maupun konflik keluarga.

"Ada faktor eksternal seperti konflik keluarga. Ada internal seperti nggak ada komitmen, KDRT, atau masalah komunikasi," tuturnya.