Terungkap Penyebab Meghan-Pangeran Harry Tinggalkan Kerajaan Inggris

Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Sumber :
  • Instagram @sussexroyal

VIVA – Kontroversi Meghan Markle dan Pangeran Harry dengan keluarga kerajaan Inggris mash menjadi perbincangan setelah Meghan mengungkapkan pengakuan mengejutkan pada Oprah Winfrey.

Kabar pun berhembus, Pangeran Harry dikabarkan memilih pindah dan meninggalkan kerajaan untuk melindungi Ratu dan Pangeran Philip dari tuduhan besar anggota senior kerajaan yang menyatakan keprihatinan tentang seberapa gelap kulit bayinya nantinya karena Meghan adalah wanita keturunan Afrika-Amerika.

Pembawa acara bincang-bincang Amerika, Oprah Winfrey mengatakan Pangeran Harry ingin mengungkapkan, bahwa ratu dan suaminya bukanlah yang dimaksud oleh istrinya, Meghan, Duchess of Sussex. Selama wawancara berlangsung, Harry menceritakan semuanya. 

Seperti diketahui, Istana Buckingham berada di bawah tekanan untuk menanggapi klaim tersebut di tengah spekulasi heboh tentang siapa yang mungkin sengaja membuat pernyataan itu.

“Dia tidak akan membagikan identitasnya dengan saya. Tapi dia ingin memastikan bahwa saya tahu dan jika saya memiliki kesempatan untuk bisa membagikannya bahwa bukan neneknya atau kakeknya yang menjadi bagian dari percakapan itu,” kata Winfrey.

Seperti dikutip laman SMH, Winfrey juga sudah mencoba mendorong pasangan tersebut untuk mengungkapkan identitas orang tersebut di luar kamera tetapi mereka masih saja menolak.

Ditanya apakah ada kekhawatiran bahwa anaknya akan menjadi "terlalu coklat" dan itu akan menjadi masalah, Meghan mengatakan kepada Winfrey, "Jika itu asumsi yang Anda buat, itu mungkin cukup aman."

Meghan memastikan orang itu telah memberikan komentarnya kepada Harry dan mengatakan bahwa menamai nama anak akan sangat merusak mereka. Harry mengatakan dia terkejut dengan percakapan itu. Mengesampingkan Ratu dan Pangeran Philip akan memusatkan perhatian pada anggota keluarga lainnya seperti Pangeran Charles dan istrinya Camilla, Duchess of Cornwall, Pangeran William dan Catherine, Duchess of Cambridge, atau ketiga anak Ratu lainnya beserta putra dan putri mereka. 

Penulis biografi Charles Jonathan Dimbleby mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak percaya pewaris tahta akan mengatakannya.

"Saya tahu dia. Saya sudah mengenalnya sejak lama. Namun saya belum pernah melihat sedikit pun tentang itu. Dia adalah seseorang yang kehidupan profesional dan pribadinya telah didedikasikan untuk menyatukan orang, bukan memisahkan mereka.” kata Dimbleby.

Istana Buckingham belum memberikan komentar lagi tentang wawancara tersebut. Perdana Menteri, Boris Johnson sempat ditanya tentang tuduhan rasisme pada konferensi pers tetapi menolak untuk terlibat. Berikut pernyataan Boris Johnson di halaman selanjutnya. 

“Mungkin hal terbaik yang bisa saya katakan ialah bahwa saya selalu sangat mengagumi sosok Ratu yang memiliki peran pemersatu yang dia mainkan di negara kita dan di seluruh Persemakmuran,” katanya.

Sementara itu, pada rekaman sebelumnya Harry mengatakan Ratu mendapat nasihat sangat buruk, dan mengeluh bahwa keluarganya tidak menghubungi pasangan itu untuk meminta maaf atas apa pun yang mungkin telah dilakukan pada keputusan mereka untuk berpisah dari monarki pada Januari 2020.

“Karena ini adalah keputusan kita, maka konsekuensinya ada pada kita,” kata Harry.

“Saya adalah bagian dari sistem bersama mereka, saya selalu seperti itu. Tapi saya sangat sadar bahwa saudara laki-laki saya tidak dapat meninggalkan sistem itu, tetapi saya telah melakukannya." lanjut Harry.

Ditanya perihal apakah William juga ingin pergi, Harry berkata: "Saya tidak tahu, saya tidak dapat berkomentar akan hal itu."

Fakta mengugkapkan bahwa ternyata Meghan dan Harry telah menikah secara diam-diam di hadapan Uskup Agung Canterbury Justin Welby tiga hari sebelum ekstravaganza pernikahan mereka pada Mei 2018. Hal itu juga menimbulkan kontroversi dan pertanyaan tentang legalitas upacara tersebut.

"Kami menelepon uskup agung, dan kami hanya berkata, 'Lihat, benda ini, tontonan ini untuk dunia, tapi kami hanya ingin persatuan di antara kami'," kata Meghan pada Winfrey. 

Dia mengklaim kebaktian itu berlangsung dengan, "Hanya kami berdua di halaman belakang kami dengan Uskup Agung Canterbury".

Namun pernikahan harus dilangsungkan oleh seorang anggota klerus (rohaniawan) di gereja, atau di tempat yang ditentukan dalam izin khusus seperti katedral, kapel atau rumah sakit dan di hadapan dua saksi. Belum diketahui juga apakah pernikahan kecil itu adalah pernikahan yang mengikat secara hukum seperti yang disarankan Meghan dalam wawancara.

Kini, Kantor Welby dibanjiri permintaan untuk memberikan penjelasan tetapi menolak. Wartawan juga mempertanyakan persoalan Meghan bahwa Istana Kensington dan Istana Buckingham yang tidak membelanya dari liputan pers yang negatif. Tercatat bahwa mereka telah menerima banyak panggilan dari media untuk memperbaiki catatan atau mendukung pasangan kerajaan tersebut.

Dalam satu klip, pangeran mengungkapkan bahwa Ratu telah mengundangnya bersama Meghan untuk menemuinya di Sandringham Estate selama negosiasi pada Januari 2020 tentang niat mereka untuk meninggalkan keluarga kerajaan. Tetapi kemudian diberitahu bahwa mereka tidak dapat pergi. Sekretaris pribadi Ratu memberi tahu Harry bahwa raja sibuk, dia sibuk sepanjang minggu. Harry mengatakan dia menelepon neneknya tetapi dia mengatakan, "Ada sesuatu di buku harian saya yang saya tidak tahu". Simak ceritanya berikut ini.

“Saya bilang, bagaimana jika minggu ini?' Dan dia berkata, 'Oh, sekarang juga sibuk'. Saya pikir baik-baik saja, saya tidak ingin mendorong karena saya tahu apa yang sedang terjadi. ”

Saat Winfrey kebingungan, dirinya bertanya mengapa Ratu tidak dapat melakukan apa yang diinginkannya, Harry menjawab: “Ketika Anda adalah kepala Firma, ada orang di sekitar Anda yang memberi Anda nasihat. Dan yang juga membuatku sangat sedih adalah beberapa dari nasihat itu sangat buruk.” lanjut Harry. 

Firma adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan operasi administratif keluarga kerajaan, terutama sekretaris pribadi, penunggang kuda, dan staf senior yang mengendalikan logistik dan protokol. Harry memberi tahu Oprah dalam rekaman baru bahwa rasisme berkontribusi pada keputusannya dan Meghan untuk meninggalkan Inggris.

Dia menceritakan percakapan itu dengan media yang tidak disebutkan identitas namanya yang memperingatkannya tentang rasisme yang mendasari di Inggris.

“Dia berkata, Anda perlu memahami bahwa Inggris itu sangat fanatik. dan saya terdiam sejenak lalu berkata, 'Inggris tidak fanatik - pers Inggris sangat fanatik, khususnya tabloid. Itukah yang Anda maksud? "

“Dan dia berkata, 'tidak, orang Inggris yang fanatik.' Dan saya berkata, 'Saya sama sekali tidak setuju.' Tapi sayangnya jika sumber informasi pada dasarnya korup atau rasis, maka itu mempengaruhi ke seluruh masyarakat.”

Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer juga mengatakan bahwa tuduhan rasisme harus ditanggapi dengan serius.

“Sangat menyedihkan melihat keluarga dalam kekacauan seperti ini. Isu yang diangkat Meghan tentang rasisme dan kesehatan mental adalah masalah yang sangat serius,” katanya.

“Ini adalah pengingat bahwa sudah terlalu banyak orang yang mengalami rasisme di Inggris abad ke-21. Kami harus menanggapinya dengan sangat, sangat serius. Masalah ini lebih besar dari keluarga kerajaan. Selama bertahun-tahun kami terlalu meremehkan dan terlalu ingin mengesampingkan masalah ini. ”

Zac Goldsmith, menteri Johnson untuk Pasifik dan iklim, mengatakan di Twitter bahwa Harry "meledakkan" keluarganya.

Laporan: Aufa Prasya Namyra