Perjalanan Cinta 73 Tahun Pangeran Philip dan Ratu Inggris

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II saat berbulan madu tahun 1947.
Sumber :
  • Instagram @theroyalfamily

VIVA – Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip meninggal dunia Jumat, 9 April 2021. Kerajaan Inggris mengumumkan kabar duka tersebut. Pangeran Philip meninggal di usia 99 tahun.

Kabar meninggalnya Pangeran Philip langsung diumumkan oleh pihak Istana Buckingham. Pihak istana juga menyampaikan rasa duka yang mendalam dari Ratu Elizabeth.

"Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip," demikian pernyataan resmi Kerajaan Inggris, dikutip dari akun Instagram  @theroyalfamily.

Kepergian Pangeran Philip tentu menjadi luka tersendiri bagi Ratu Elizabeth II. Keduanya diketahui telah hidup sebagai pasangan suami istri selama 73 tahun lamanya. Keduanya pun kini dipisahkan oleh maut.

Romantisme antara Pangeran pasangan ini pun selalu terlihat di berbagai kesempatan. Untuk mengenang kepergian Pangeran Philip, berikut ini rangkuman perjalanan cintanya dengan sang Ratu Inggirs, dilansir dari Tatler.

1. Awal pertemuan

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Pangeran Philip pertama kali bertemu dengan Ratu Elizabeth II pada musim panas di tahun 1939. Saat itu diketahui sang ratu baru berusia 13 tahun. Sedangkan Pangeran Philip berusia 18 tahun.

Klik halaman berikutnya untuk membaca lebih banyak.

Dia pertama kali menarik perhatian Elizabeth remaja pada musim panas 1939. Kala itu, Putri Elizabeth baru berusia 13 tahun. Philip sendiri berstatus sebagai Pangeran Yunani dan lima tahun lebih tua darinya. Ia juga baru akan memulai karier dengan Royal Navy.  

Elizabeth, adik perempuannya, Margaret bersama orangtua mereka sempat ke Dartmouth's Britannia Royal Naval College, almamater ayah mereka. Saat itulah Philip bertemu dengan Elizabeth.

Menurut Marion Crawford, pengasuh sang putri, ketampanan Philip yang memiliki rambut pirang dan mata biru menarik perhatian Elizabeth. Philip bahkan mampu membuat Elizabeth muda menjadi malu lantaran kakek Pangeran William dan Pangeran Harry itu datang menemui Elizabeth ke kapal pesiar Raja untuk jamuan makan.

Romansa antara Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II pun terendus oleh paman Philip sekaligus ajudan Raja, Lord Louis Mountbatten, yang juga berada di kapal tersebut. Philip pun sempat menulis dalam buku hariannya bahwa pertemuan awal mereka 'sukses besar'.

2. Benih-benih cinta muncul

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Beberapa kerabat Ratu berbicara secara terbuka tentang rasa cinta Elizabeth pada Philip sejak awal pertemuan mereka. Di antara mereka adalah Margaret Rhodes, sepupu Elizabeth, yang menulis dalam otobiografinya dan menyebut bahwa 'Elizabeth benar-benar jatuh cinta pada Philip sejak awal.'

3. Pernikahan Pangeran Philip dan Ratu Inggris

Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui berita selengkapnya.

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Tidak melangsungkan pertunangan, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip diketahui langsung menikah pada tahun 1947 di Westminster Abbey pada bulan November. Lima tahun setelah pernikahan, Elizabeth naik takhta dan mengambil sumpahnya sebagai Ratu Inggris.

4. Anak, cucu dan cicit Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Dari pernikahan itu, keduanya dikaruniai empat anak, sembilan cucu dan delapan cicit.  

5. Romantisme hingga akhir hayat

Photo :
  • Instagram @theroyalfamily

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II telah berbagi komitmen untuk tugas dan layanan negara dan mereka selalu memiliki satu sama lain untuk meringankan beban kehidupan publik dengan sedikit tawa.

Pangeran Phili diketahui memiliki panggilan sayang untuk Ratu Inggris yakni Lilibet, Darling atau Sausage. Keduanya juga diketahui suka makan malam sambil menonton televisi bersama.