Ungkapan Duka Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk Pangeran Philip

Meghan Markle dan Pangeran Harry saat mengunjungi masjid di Afrika Selatan.
Sumber :
  • Instagram @sussexroyal

VIVA – Pada hari Jumat, 9 April, Pangeran Harry dan Meghan Markle memposting penghormatan terakhir kepada Pangeran Philip memberitakan bahwa Pangeran Philip telah meninggal dunia di usia 99 tahun.

“Dalam kenangan Yang Mulia tercinta, Duke of Edinburgh 1921-2021. Terima kasih atas semuanya, Anda akan sangat dikenang dan dirindukan,” demikian bunyi pernyataan itu yang diunggah ke situs pasangan Harry dan Meghan.

Pangeran Philip dirawat di rumah sakit selama empat hari pada bulan Desember 2019. Istana Buckingham memberi tahu dalam sebuah pernyataan pada saat itu.

"Duke of Edinburgh melakukan perjalanan dari Norfolk pagi ini ke Rumah Sakit King Edward VII di London untuk observasi dan perawatan sehubungan dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya. Perawatan di rumah sakit tersebut adalah tindakan pencegahan, atas saran dari dokter Yang Mulia," kata pernyataan itu dikutip Us Weekly.

Philip dirawat lagi di rumah sakit pada 17 Februari sebagai "tindakan pencegahan". Setelah itu, dia diperbolehkan pulang pada 16 Maret setelah tinggal satu bulan setelah perawatan untuk infeksi dan operasi yang telah berhasil  mengobati kondisi sebelumnya.

Harry dan Meghan baru saja menyambut Putra mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, pada bulan Mei, dan Duke of Edinburgh adalah anggota keluarga kerajaan pertama yang melengkapi kegembiraan mereka.

"Kami baru saja bertemu dengan Duke saat kami lewat, dan itu sangat menyenangkan," kata Meghan kepada pers pada debut putranya. “Jadi, alangkah baiknya memperkenalkan bayi itu kepada keluarga,” tambahnya

Ketika Philip berusia 98 tahun pada bulan Juni, Harry dan Meghan mengirimkan pesan ulang tahun yang manis.

“Semoga Yang Mulia Duke of Edinburgh, Tuan, Kakek Selamat Ulang Tahun ke-98!” pasangan itu memberi caption pada unggahan Instagram. Salah satu foto menunjukkan Philip dan cucunya tertawa bersama.

Diketahui, Philip lahir di pulau Corfu pada tahun 1921 dari Pasangan Putri Alice dari Battenberg dan Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark. Dia memiliki empat saudara perempuan yaitu, Putri Cecilie, Putri Sophie, Putri Margarita dan Putri Theodora.

Pada 20 November 1947, Philip menikahi Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey di depan 2.000 tamu. Pengantin baru berbulan madu di tanah kerajaan Skotlandia di Balmoral dan melanjutkan untuk menyambut Pangeran Charles, Pangeran Andrew, Putri Anne dan Pangeran Edward.

Laporan: Aufa Prasya Namyra