Pidato Mengharukan Pangeran Charles atas Meninggalnya Sang Ayah

Pangeran Charles.
Sumber :
  • Instagram @clarencehouse

VIVA Pangeran Charles memberikan penghormatan kepada "Papa tersayang", sebutannya untuk sang ayah, setelah Duke of Edinburgh meninggal dunia pada hari Jumat, 9 April 2021 lalu.

Pewaris takhta kerajaan Inggris, Charles, putra Ratu Elizabeth II dan mendiang Pangeran Philip, akhirnya buka suara tentang meninggalnya sang ayah. Hal itu ia ungkapkan saat berpidato di depan media di luar rumahnya di Highgrove di Gloucestershire, Inggris, pada Sabtu sore, 10 April 2021.

"Saya secara khusus ingin mengatakan bahwa ayah saya, karena saya kira selama 70 tahun terakhir, telah memberikan pengabdian yang paling luar biasa dan penuh pengabdian kepada Ratu, keluarga saya dan negara, tetapi juga kepada seluruh Persemakmuran," ucapnya membuka pidato, dikutip dari laman Ace Showbiz, Minggu, 11 April 2021.

"Seperti yang bisa kau bayangkan, keluargaku dan aku sangat merindukan ayahku," katanya.

"Dia adalah sosok yang sangat dicintai dan dihargai dan selain dari apa pun, saya dapat membayangkan, dia akan sangat tersentuh oleh orang yang hadir di sini dan di tempat lain di seluruh dunia dan Persemakmuran, yang juga menurut saya, ikut merasakan kehilangan dan rasa duka kami. Kesedihan kami," lanjutnya.

Ayah dari Pangeran William dan Harry itu lantas mengungkapkan sosok Pangeran Philip di matanya.

"Ayahku tersayang adalah orang yang sangat istimewa yang menurutku di atas segalanya akan kagum dengan reaksi dan hal-hal menyentuh yang telah dikatakan tentang dia, dan dari sudut pandang itu kami, keluargaku, sangat berterima kasih atas semua itu. Itu akan menopang kita dalam kehilangan ini dan pada saat yang sangat menyedihkan ini. Terima kasih," tutupnya.

Pidato Pangeran Charles dilakukan tepat setelah dipastikan pemakaman Pangeran Philip akan diadakan pada 17 April 2021 di Kapel St George di Windsor. Pejabat Istana Buckingham mengungkapkan pengaturan, yang akan "merayakan dan mencerminkan" kehidupan pelayanan Pangeran Philip, telah diubah karena pandemi virus corona.

Peti mati Pangeran Philip akan dipindahkan ke Kapel St George pada hari kebaktian dan anggota keluarga kerajaan, termasuk Pangeran Charles, akan berjalan di belakang peti mati.

Ratu Inggris akan melakukan perjalanan secara terpisah ke kapel dan setelah kebaktian. Pangeran Philip akan dimakamkan di lemari besi Kerajaan.

Baca berita ini sampai selesai untuk mengetahui berita selengkapnya.

Cucu Philip, Pangeran Harry atau Duke of Sussex, yang pindah ke California tahun lalu, akan terbang ke Inggris untuk menghadiri upacara tersebut, di mana dia akan berkumpul kembali dengan anggota keluarganya yang lain. Namun, istrinya, Meghan Markle, yang sedang hamil tua akan tetap berada di AS atas saran medis.

Duke of Edinburgh akan diberikan upacara pemakaman kerajaan, bukan pemakaman kenegaraan.

Daftar tamu di pemakaman itu akan diumumkan pada Kamis, 15 April 21, dan mengheningkan cipta nasional selama satu menit akan menandai dimulainya pemakaman.

Inggris akan merayakan delapan hari berkabung nasional, dan berbagai anggota keluarga kerajaan, termasuk Duke of York dan Pangeran Wales, telah melakukan perjalanan ke Kastil Windsor untuk bergabung dengan Ratu.

Seorang juru bicara Istana Buckingham berkata, "Sementara ini adalah saat kesedihan dan berkabung, hari-hari mendatang akan menjadi kesempatan untuk merayakan kehidupan yang luar biasa."