Deretan Artis Tobat dari Pecandu Narkoba Jadi Tokoh Agama

Raditya Oloan
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Dunia hiburan Tanah Air dipenuhi oleh berbagai macam cerita kehidupan dari para artisnya. Mulai dari kisah kelam hingga inspiratif yang menggugah hati.

Di balik gemerlap kehidupan selebriti, kerap terselip kasus penyalahgunaan narkoba. Tak sedikit artis atau figur publik yang tersandung barang terlarang ini bahkan hingga kecanduan.

Namun, setelah tersandung kasus narkoba, banyak di antara mereka yang kemudian tobat dan memilih  memperbaiki hidup dengan memperdalam agama. Beberapa di antara mereka bahkan terjun menjadi pendakwah atau penceramah seperti ustaz dan pendeta.

Lantas, siapa sajakah public figure yang sempat menjadi pecandu narkoba lalu kemudian bertobat dan menjadi ustaz atau pendeta? Berikut informasinya.

Gito Rollies

Nama Gito Rollies terkenal sebagai vokalis dari grup band rock The Rollies. Ketika berkarier sebagai seorang musisi, Gito pernah mengonsumsi barang haram narkoba. Meski begitu, Gito akhirnya bisa berhenti mengonsumsi narkoba dan menjalani hidup dengan lebih baik.

Setelah memutuskan untuk bertobat dan meninggalkan narkoba, Gito akhirnya menjadi seorang ustaz. Gito meninggal dunia pada tahun 2008, setelah berjuang melawan penyakit kanker getah bening.

Ustaz Jefri Al Buchori

Photo :
  • Beno Junianto

Ustaz Jefri Al Buchori atau yang dikenal juga dengan nama Uje, merupakan seorang ustaz ternama di Indonesia. Sebelum menjadi seorang ustaz, Uje ternyata pernah menjadi pecandu narkoba. 

Uje menjadi salah satu public figure yang berhasil membebaskan diri dari narkoba. Setelah terbebas dari narkoba, kehidupan Uje menjadi lebih baik. Ia pun terkenal sebagai seorang ustaz yang dicintai oleh banyak masyarakat. Uje meninggal dunia karena sebuah kecelakaan pada tahun 2013 lalu.

Raditya Oloan

Photo :
  • Instagram

Raditya Oloan merupakan seorang pendeta, sekaligus suami dari aktris Joanna Alexandra. Radit meninggal dunia pada hari Kamis, 6 Mei 2021.

Melalui sebuah video yang diunggah ke akun Instagram pribadinya pada tanggal 1 April 2021, Radit bercerita bahwa dirinya sempat menjadi seorang pecandu. Setelah terbebas dari pengaruh narkoba, Radit menjalani hidup dengan lebih baik dan menjadi seorang pendeta.